BeritaEkonomiKomunitasPeristiwaRegionalUmum

Pemkab Jember Jadikan Hari Buruh Diisi Dengan Halalbihalal

BIMATA.ID, JEMBER-  Hari buruh sedunia (Mayday) 2023 di Kabupaten Jember diisi dengan halalbihalal, yang ditempatkan di Aula PB. Sudirman Kantor Pemkab Jember, Senin 01 Mei 2023.

Halal bihalal ini merupakan inisiasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember.

BACA JUGA: Ketum Prawiro Tanggapi Kontak Politik Prabowo SBY

Kepala Disnaker Jember, Bambang Rudianto menyampaikan alasan dibalik halal bihalal di hari buruh tahun ini.

Ia menyampaikan, hari buruh selama bertahun-tahun banyak diisi demonstrasi para buruh.

Bambang Rudianto atau akrab disapa Rudi menginginkan adanya komunikasi yang baik antara pekerja atau buruh, perusahaan serta pemerintah, yang dikemas dalam Halalbihalal.

BACA JUGA: Ikut Hadir Dalam Pertemuan Prabowo Wiranto, Marzuki Ali : Saya Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

“Alhamdulillah pagi ini terselenggara halal bihalal dalam rangka Hari Buruh Internasional 2023. Kita harapkan bersama, ada harmonisasi antara pemberi kerja dan pekerja, kewajiban dan hak semua ditunaikan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku,” kata Rudi.

Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman mengapresiasi langkah ini.

Gus Firjaun menyampaikan, melalui halalbihalal ini, segala uneg-uneg dari pekerja atau buruh maupun perusahaan tersampaikan dengan langsung, dan juga disaksikan pemerintah.

BACA JUGA: Usai Bertemu Dengan Prabowo, Wiranto : Kami Punya Banyak Kesamaan

“Halalbihalal ini mengharmonisasikan antara pemerintah, buruh dan pengusaha, dan penting untuk hak-hak para buruh betul-betul dipenuhi, bahkan dalam ajaran Islam diajarkan bahwa sebelum keringat pekerja itu kering, maka apa yang menjadi hak dari pekerja itu hendaknya telah ditunaikan,” kata Gus Firjaun dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan bahwa seluruh pejabat pemerintah sejatinya adalah buruh, buruh dari yang dipimpinnya.

“Kami pun sebetulnya buruh, karena Sayyidul Qoumi Khodimuhum, pemimpin suatu kaum itu hakekatnya adalah buruh dari kaum itu, jadi kami ini juga buruh sehingga kami juga merasakan apa yang dirasakan anda semua,” lanjutnya.

BACA JUGA: Usai Bertemu Dengan Prabowo, Airlangga : Kami Punya Hubungan Yang Baik

Halalbihalal Hari Buruh Sedunia 2023 ini dihadiri oleh para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi), Serikat Pekerja Perkebunan (SP Bun), dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), jajaran Forkopimda Jember, serta BPJS Ketenagakerjaan.

Wabup Jember Gus Firjaun juga memberikan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada para keluarga buruh dalam halalbihalal tersebut.

BACA JUGA: Dinilai Paham Pesan Para Pendahulu, Wiranto Dukung Prabowo Nyapres

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close