BeritaNasionalRegional

Pemerintah Inisiasi Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis Dalam dan Luar Negeri

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Kementerian Keuangan berkomitmen untuk memberikan dukungan dan perhatian yang besar dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia.

Menurutnya, pengembangan dan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan merupakan bagian dari keseluruhan ekosistem kesehatan yang membutuhkan banyak sekali program baru dan ambisius.

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan dalam hal ini melakukan inisiasi untuk memberikan beasiswa fellowship baik ke dalam maupun ke luar negeri kepada para dokter spesialis.

BACA JUGA: Tolak Politik Adu Domba, Prabowo Pilih Adu Gagasan dan Program

“Saya melalui LPDP maupun melalui anggaran Kementerian termasuk Kementerian Kesehatan dan anggaran transfer pemerintah ke pemerintah daerah itu sangat mendukung langkah-langkah untuk membangun ekosistem kesehatan yang baik. Karena masalah kesehatan begitu sangat rumit, menantang dan berubah sangat cepat,” ungkap Menkeu saat menghadiri Launching Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis Dalam dan Luar Negeri, pada Senin (08/05/2023).

Dalam kesempatan itu, Menkeu menghimbau agar para peserta beasiswa fellowship dapat banyak belajar untuk memperbaiki permasalahan kesehatan di Indonesia yang terus berkembang, seperti halnya fenomena covid 19 dapat menjadi pelajaran untuk mengantisispasi tantangan kesehatan serupa di masa mendatang.

“Pada saat masalah itu muncul lagi atau ada tanda-tanda muncul, Saya berharap Indonesia belajar dari sana dan tidak menjadi sebagai bangsa yang selalu jatuh di lubang yang sama,”ujarnya.

BACA JUGA: Survei LSN: Jadi Top of Mind Publik, Prabowo Dinilai Paling Layak Gantikan Jokowi

Lebih lanjut, Menkeu menyebut bahwa dukungan Kementerian Keuangan di bidang kesehatan juga tidak terlepas dari peran pajak yang dibayarkan oleh masyarakat, baik itu untuk perbaikan rumah sakit, pengadaan alat-alat kesehatan, peningkatan kulaitas SDM dan kesejahteraan para tenaga kesehatan.

“Sekarang tergantung visi dan misi kita semua. Kita maunya apa, tantangan di bidang kesehatan seperti apa, dan jangan lupa teknologinya berkembang terus. LPDP bagian dari keuangan negara yang diperoleh melalui pajak atau utang untuk membayar kembali dalam bentuk perbaikan Indonesia,” ungkap Menkeu.

Selain menangani masalah pendidikan di bidang kesehatan, pemerintah melalui keuangan negara juga memberikan perhatian di bidang lainnya seperti infrastruktur jalan untuk Indonesia yang lebih baik.

BACA JUGA: Eks Kediaman Jenderal Soedirman di Jogja Jadi Rumah Pemenangan Prabowo

“Jadi keuangan negara memang tugasnya untuk membangun dan membantu (masyarakat) mencapai cita-cita Indonesia yang maju, berdaulat, adil dan makmur,” tandasnya.

Terakhir, Menkeu berharap bahwa peningkatan kualitas SDM di bidang kesehatan dapat terus berlangsung, serta kerjasama antar seluruh ekosistemnya dapat terus diperkuat untuk menyelesaikan berbagai tantangan di bidang kesehatan hari ini dan kedepan.

BACA JUGA: Lembaga Survei Nasional Bocorkan Alasan Prabowo Unggul Hingga 51,6%

“Kemudian para dokter-dokter yang hari ini sudah dapat fellowship Saya berharap dapat menjadi spoke person untuk program ini maupun program-program untuk perbaikan ekosistem kesehatan, serta seluruh teman-teman di LPDP untuk responsif terhadap kebutuhan yang nanti akan semakin banyak berubah. Dari mulai fellowship, scholarship, training of trainer, merdeka belajar, research dan berbagai kemungkinan kolaborasi di bidang ilmu pengetahuan yang memajukan Indonesia dan manusia di dunia ini,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close