BeritaNasionalPolitik

Jadi Kandidat Cawapres, Cak Imin Tak Maju Pileg 2024

BIMATA.ID, JAKARTA – Sejumlah Ketua Umum (Ketum) Partai Politik (Parpol) yang namanya belakangan digadang-gadang sebagai bakal Calon Presiden (Capres) atau Calon Wakil Presiden (Cawapres) memutuskan tak maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) tingkat DPR di Pemilu 2024.

Diketahui, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin disebut tak akan maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB, Jazilul Fawaid mengatakan Cak Imin menghormati mandat Muktamar PKB tahun 2019 lalu untuk maju Pilpres 2019.

Baca juga: Persembahkan Medali Emas di Kamboja, Mantan Aspri Prabowo, Apresiasi Prestasi Atlet Kun Bokator

“Tidak akan maju dalam Pileg. Gus Muhaimin menghormati mandat muktamar untuk maju dalam Pilpres 2024,” ucap Waketum PKB, Jazilul Fawaid dalam keterangan pers, pada Selasa (09/05/2023).

Mengenai hal itu, hasil Muktamar V PKB yang digelar Nusa Dua, Bali tahun 2019 lalu telah memberikan mandat kepada Cak Imin maju Pilpres 2024.

Maka dari itu, Jazilul mengaku optimistis jelang Pilpres 2024 merupakan momentum tepat bagi Cak Imin untuk maju sebagai Capres atau Cawapres.

Lihat juga: Survei SPIN: Prabowo Menteri dengan Kinerja Paling Konkret, Elektabilitas Meningkat

Menurutnya, Cak Imin saat ini masih mendapatkan dukungan oleh para Kiai, kader, hingga simpatisan PKB di seluruh Indonesia.

“Ini mengambil posisi yang dapat memberikan coattail effect bagi peningkatan suara dan kursi PKB,” ungkapnya.

Sekedar informasi, PKB sendiri telah berkoalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024. Koalisi ini mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres. Akan tetapi untuk nama cawapresnya sendiri masih dimatangkan kedua partai.

Lihat juga: Prabowo Sering Unggul di Musra Relawan Jokowi, Salah Satu Faktor Tingginya Elektabilitas

Namun, Cak Imin telah sejak awal digadang-gadang sebagai kandidat cawapres untuk Prabowo.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close