BeritaPeristiwaPolitikRegional

Geruduk Kantor Pemkab Brebes, Relawan Anies Protes Aksi Kades Dukung Ganjar

BIMATA.ID, BREBES – Sekelompok relawan Anies Baswedan mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

Diketahui, tujuan mereka mendatangi Kantor Pemkab Brebes, sebagai bentuk protes aksi para Kepala Desa (Kades) yang dianggap tidak netral sebab mendeklarasikan dukungan terhadap Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Terlihat, relawan Anies yang mendatangi kantor Pemkab adalah Azmi A Madjid (Ketua SKI Jateng), Sofro (Ketua SKI Brebes), Haidar (Alsmansa Pro Anies) dan Akhlif Budianto (Relawan Anies).

Baca juga: Prabowo Terima Kerja Sama, Menhan Kongo: Kita Sama-sama Jaga Paru-paru Dunia

Ketua SKI Jateng, Azmi A Madjid menyampaikan, meminta agar Pemkab menjatuhkan sanksi kepada para Kades yang terlibat politik praktis.

Menurutnya, jika tidak ada teguran atau terjadi pembiaran, maka dapat dimaknai adanya indikasi awal kecurangan yang sistematis, dan terstruktur dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu).

“Jika aparat negara atau pejabat pemerintah tidak netral dan bahkan terlibat dukung mendukung capres secara terbuka, hal tersebut mengindikasikan ketidaknetralan dan berbahaya bagi demokrasi,” ungkap Ketua SKI Jateng, Azmi A Madjid, pada Kamis (11/05/2023).

Lihat juga: Prabowo Kunjungi Batalyon Infanteri 330, Arahkan Prajurit Perkuat Fisik dan Logistik

Selain itu, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 yang mengatur tentang Pemilu, pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ini juga dibahas dalam UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Untuk diketahui, sebelumnya viral beredar di media sosial, cuplikan video berdurasi 3 detik berisi puluhan Kades di Kabupaten Brebes, Jateng. Dalam video tersebut terlihat mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close