BeritaRegional

Wagub Jabar Minta Satpol PP Dalam Menjalankan Tugas Lebih Humanis, Agar Tak Menyinggung Perasaan Masyarakat

BIMATA.ID, Bandung – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta kepada jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengambil langkah pencegahan pelanggaran dengan pendekatan yang humanis, dengan begitu, Satpol PP tidak akan menyinggung perasaan masyarakat.

Uu mengungkapkan, peranan Satpol PP sangat penting dalam menegakkan peraturan daerah. Namun, mereka harus bekerja dengan ramah agar tidak menimbulkan ketersinggungan di masyarakat.

Hal itu dikatakan Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui seusai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Satpol PP dan Satlinmas ke-61 di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat 10 Maret 2023.

“Tindakan (Satpol PP) harus preventif dan humanis. Perda tegak dan masyarakat tidak merasa sakit hati, tidak tersinggung,” kata uu, dikutip dari tribunjabar, Senin (13/03/2023).

“Oleh karena itu, jiwa someah, ramah dalam penegakan perda terhadap pelanggar sangat penting sehingga masyarakat sadar, tapi tidak tersinggung,” tambahnya.

Baca Juga : Sugiono: Kemenangan Prabowo dan Gerindra Dimulai dari Sulsel

Oleh karena itu, Uu berharap, peringatan HUT Satpol PP tak hanya seremonial, melainkan juga menjadi momentum tumbuhnya semangat baru bagi Satpol PP dalam menjaga ketertiban dan keamanan serta sebagai penegak perda.

“Intinya untuk meningkatkan ghirah perjuangan dan tupoksi Satpol PP, yaitu menjaga ketertiban, keamanan, dan menegakkan perda,” ucapnya.

“Karena ketertiban dan keamanan ini harus ada yang memelopori dan menindak. Kalau tidak ada, kebiasaan masyarakat (akan) cenderung melanggar (aturan),” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Uu juga mengapresiasi bupati dan walikota yang turut hadir pada kegiatan peringatan HUT Satpol PP.

Simak Juga : Di Bali, Muzani Bicara Komitmen Prabowo Jaga Kebhinekaan NKRI

Menurut Uu, dengan kehadiran pimpinan daerah, menjadi perwujudan dari kekompakan dan kebersamaan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi, dirinya pun berharap, visi misi Jawa Barat yang senantiasa aman dan tertib dapat terwujud.

“Mudah-mudahan apa yang diinginkan Pemprov Jabar dan daerah senantiasa Jawa Barat aman dan tertib bisa terwujud,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close