BeritaKesehatanRegional

PMI Cianjur Pastikan Stok Darah Aman Selama Bulan Ramadhan

BIMATA.ID, Cianjur – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, menjamin ketersediaan stok darah selama bulan Ramadhan.

Kepala UDD PMI Cianjur dr. Susilawati di Cianjur, pada Kamis (24/03/2023) mengatakan, sejak beberapa pekan sebelum bulan puasa, pihaknya telah berkoordinasi dengan UDD lain untuk menggelar mobil unit donor darah ke sejumlah instansi pemerintah dan swasta di luar Cianjur untuk memenuhi stok selama bulan puasa.

“Berkaca dari tahun sebelumnya saat bulan puasa, kami kesulitan untuk mendapatkan stok darah terutama di tingkat lokal yang dipastikan menurun, sehingga sebelum puasa, kami menggelar mobil unit donor darah dengan mendatangi pendonor di Kota Bandung dan Jakarta,” kata Susilawati, dikutip dari antaranews, Jumat (24/03/2023).

Baca Juga : Anak Buah Prabowo Minta Ketegasan Pemerintah Terkait Perda dan Perdes untuk Sekolah Sampah

Namun pada saat ini, menurut dia, stok darah dari berbagai golongan tersedia lebih dari 1.000 labu, sehingga dinilai mencukupi untuk kebutuhan tiga rumah sakit pemerintah dan satu rumah sakit swasta yang ada di wilayah Cianjur.

Dan ketika terjadi kekurangan, pihaknya dapat menghubungi jejaring se-Jawa Barat dan DKI Jakarta untuk membantu menutupi kekurangan. 

“Lebih dari cukup kalau untuk stok, kalau terjadi kekurangan atau pemakaian yang cukup tinggi, kami bisa menghubungi jejaring yang ada. Kami juga tetap mengajak pendonor dapat menyumbangkan darahnya setelah berbuka atau setelah sahur,” tuturnya.

Selanjutnya, Bupati Cianjur Herman Suherman sudah mengeluarkan surat edaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cianjur, untuk rutin mendonorkan darahnya guna membantu sesama dan sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah di PMI setiap bulannya.

“Kami akan mempertegas dalam setiap pertemuan rutin agar ASN di lingkungan Pemkab Cianjur, menjadi pendonor tetap setiap dua bulan atau tiga bulan sekali, seharusnya mereka malu karena saya termasuk pendonor rutin setiap dua bulan sekali,” pungkas Herman.

Simak Juga : Jokowi dan Prabowo Kompak Tanam Jagung di Food Estate Keerom Papua

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close