KesehatanPeristiwaRegional

Pemkab Cilacap Bersama PMI Kabupaten Cilacap Gelar Operasi Katarak Gratis

BIMATA.ID, Cilacap – Dalam rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Cilacap ke-167, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap menggelar operasi katarak gratis untuk 52 warga yang notabene nya kurang mampu di wilayah Cilacap bagian barat.

Diketahui, operasi yang diselenggarakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majenang, dalam waktu 2 hari. Yakni pada, Sabtu, dan Minggu 11 s/d 12 Maret 2023.

Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf mengungkapkan, bahwa operasi katarak gratis ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Khususnya, untuk warga yang sampai saat ini tidak memiliki BPJS, dan asuransi kesehatan lainnya.

Baca juga: Aman Tak Berarti Nihil Ancaman, Prabowo Ingatkan Dansat soal Potensi Invasi

“Total ada 52 pasien, semoga bisa dioperasi semua dan selesai. Nanti kalau perlu rawat inap dan akomodasi akan disediakan oleh RSUD,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf dalam keterangannya, pada Sabtu (11/03/2023).

Selain itu, ditempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan, dan Kesra, Dr. Pramesti Griana Dewi yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, mengatakan, katarak merupakan penyakit kelainan mata yang banyak terjadi di masyarakat.

“Dari 3% angka kebutaan di Indonesia, 81% diantaranya disebabkan oleh katarak yang tidak tertangani dengan baik,” kata Dr. Pramesti.

Lihat juga: Doakan Wapres Ultah ke-80, Medsos Prabowo Diserbu Netizen

Mengenai hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap menyampaikan apresiasi, dan terima kasih kepada pihak PMI Cilacap, serta RSUD yang telah menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) operasi katarak gratis ini.

Oleh karena itu, Dr. Pramesti berharap,untuk warga yang memperoleh manfaat ini, semoga dapat kembali melihat keindahan dunia.

“Semoga bakti sosial ini dapat membantu masyarakat yang mengalami katarak agar dapat melihat kembali indahnya dunia serta berkumpul bahagia bersama keluarga tercinta,” pungkasnya.

Simak juga: Wakili Prabowo, Dasco Bakal Resmikan Rumah Pemenangan di Sulsel

Untuk diketahui, sebelum melakukan tindakan operasi, para peserta terlebih dahulu menjalani skrining kesehatan dengan melibatkan tim dokter spesialis mata RSUD Cilacap dan Majenang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close