BeritaEkonomiUMKM

Menaker Gelar Pameran Festival TKM 2023

BIMATA.ID, Jakarta – Diketahui Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah telah membuka gelaran Festival Tenaga Kerja Mandiri (TKM) 2023, di Lapangan Banteng Jakarta, pada Sabtu (11/03/2023). Festival digelar mengusung tema Perempuan Mandiri Untuk Peradaban Indonesia yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 12 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Menaker Ida mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan tidak akan berhenti memfasilitasi peningkatan kompetensi para TKM, agar mempunyai daya juang tangguh berdaya saing, serta mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan.

“Kita semua diharapkan mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik. Ini tanggung jawab yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan yakinlah kontribusi kecil kita ini akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM,” ucap Menaker Ida.

Baca juga: Sugiono: Kemenangan Prabowo dan Gerindra Dimulai dari Sulsel

Sambungnya, pihaknya selalu melakukan dialog sosial dengan pengusaha, agar ketersediaan lowongan kerja di sektor formal tetap stabil dan inklusif.

Selain itu, pada sektor informal, Kemnaker telah melakukan langkah dalam bentuk stimulant pemberian bantuan usaha. Yang salah satunya adalah bantuan bagi kelompok TKM yang termasuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

“Saya tidak memungkiri, bahwa sektor UMKM bukan hanya sektor penahan bagi perekonomian nasional, namun justru menjadi pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia melewati krisis,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Dianugerahi Tokoh Peduli Santri

Kemudian, dalam menciptakan wirausaha yang bisa menyerap tenaga kerja secara masif, produktif dan berkelanjutan, program TKM perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

“Kita semua memiliki peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia melalui penciptaan usaha yang memberikan kontribusi ekonomi bagi diri sendiri, masyarakat, bahkan skala nasional,” pungkasnya.

Simak juga: Di Bali, Muzani Bicara Komitmen Prabowo Jaga Kebhinekaan NKRI

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close