Regional

Kota Pertama Serahkan LKPD ke BPK, Makassar Siap Pertahankan WTP

BIMATA.ID, Makassar – Kota Makassar jadi daerah pertama yang menyerahkan LKPD 2022 kepada BPK RI Perwakilan Sulsel.

LKPD diserahkan langsung Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi didampingi Sekkot Muh Ansar dan Kepala Badan Pengelola Aset Daerah Muh Dakhlan beserta sejumlah pejabat Pemkot Makassar pada Jumat (10/3/2023).

Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel Amin Adab Bangun mengapresiasi tanggung jawab Pemkot Makassar dan menjadi daerah pertama yang menyerahkan LKPD kepada BPK.

“Patut diapresiasi, karena Makassar menjadi kota pertama yang menyerahkan LKPD, dan selanjutnya akan mulai dilakukan pemeriksaan secara terperinci,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan tersebut ada beberapa aspek yang akan menjadi perhatian. Di antaranya adalah opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara dengan melihat empat kriteria.

Adapun kriteria pemeriksaan yakni kesesuaian penyajian dengan standar akuntasi pemerintahan.

Kedua, kelemahan sistem pengendalian intern. Ketiga kepatuhan terhadap peraturan dan keempat kecukupan pengungkapan atas laporan keuangan.

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi menyampaikan optimisme Makassar siap kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

“Ini menjadi tanggung jawab pemerintah, untuk menyerahkan LKPD, dan Insyaallah Makassar siap untuk kembali mendapatkan WTP,” ujarnya.

“Penyelesaikan LKPD dapat dilakukan tepat waktu, berkat kerja sama seluruh stakeholder lingkup Pemkot Makassar, yang telah secara teliti dan penuh tanggung jawab, melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close