BeritaPendidikanRegionalUMKM

Kemenkominfo Bersama Pemprov Jabar Adakan Pelatihan Pengembangan Desa Digital

BIMATA.ID, Garut  – Kepala Biro Perencanaan Kemenkominfo RI, Arifin Saleh Lubis saat acara Workshop Prototype Pengembangan Desa Digital di Kabupaten Garut mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar Workshop Prototype Pengembangan Desa Digital dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) agar memiliki kemampuan dan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di daerahnya.

“Ini adalah program prototipe, supaya program kerja di Kominfo bisa terintegrasi, karena Kominfo itu punya program kerja infrastruktur, kemudian pemanfaatan dalam bentuk aplikasi, kemudian ada pelatihan juga, SDM, dan sebagainya, nah ini kita mau mencoba kedepannya untuk bisa terintegrasi,” kata Arifin, dikutip dari antaranews, Jumat (10/03/2023).

Baca Juga : Memaknai Langkah Progresif Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan RI

Dalam Kegiatan tersebut, diikuti oleh 30 peserta Workshop Sertifikasi Mikrotik dari Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, dan Tasikmalaya, kemudian diikuti oleh 45 peserta Workshop Sertifikasi Digital Entrepreneur yang merupakan dari kalangan pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Kabupaten Garut dan Subang.

Arifin mengatakan, peserta dalam kegiatan itu seperti dari kalangan UMKM, kepala desa atau staf desa dan masyarakat umum, serta diharapkan melalui acara tersebut mereka bisa memanfaatkan dan merawat infrastruktur teknologi di daerahnya.

“Kita sudah melakukan circle 1 yaitu kemarin adalah dasar-dasar, dan hari ini adalah circle 2 lebih kepada peningkatan kapasitas yang sesungguhnya, contohnya adalah kita pelatihan setting router atau wifi,” ucapnya.

Arifin menuturkan, dalam kegiatan itu, tidak hanya memberikan pelatihan, tapi akan ada ujian dan mereka yang lulus akan diberikan sertifikat.

“Harapannya adalah supaya mereka bisa satu membangun desanya sendiri, atau kecamatannya, yang kedua mereka kita ekspor ke luar negeri juga dengan skill,” tuturnya.

Simak Juga : Dampingi Jokowi, Prabowo Tinjau Panen Raya di Kebumen

Dirinya menambahkan, pelatihan lainnya bagi pelaku UMKM yaitu memanfaatkan pasar digital, salah satunya menggunakan media sosial, kemudian membuat profil produk, menganalisa pasar, dan keterampilan yang lain.

Pelaku UMKM, menurut dia, dalam menjalankan usaha melalui pasar digital itu harus melaksanakannya dengan baik, seperti, produk yang dijual harus sesuai dengan yang dikirim, tidak ada penipuan, kemudian dampak dan konsekuensi dari pemanfaatan pasar digital.

“Jadi itu semua satu paket, jadi mulai dari infrastruktur termasuk pemanfaatan infrastruktur, termasuk kita berharap yang pertama adalah kita menyasar ke ekonomi, artinya UMKM-UMKM yang ada itu kita lakukan pelatihan supaya meningkat produksinya, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close