BeritaEkonomiRegional

Disparbud Garut Sebut Pemkab Garut Bangun Sinergitas SKPD Majukan Sektor Pariwisata dan Budaya

BIMATA.ID, Garut –  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut Agus Ismail saat acara temu Forum SKPD Rencana Kerja Disparbud Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di Garut, Senin 06 Maret 2023.

Dalam Pertemuan tersebut, Agus Ismail mengatakan,Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, berupaya membangun sinergitas antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memajukan sektor pariwisata dan kebudayaan di Garut agar lebih berkembang dan memberikan dampak manfaat luas bagi masyarakat.

“Ini adalah untuk menyelaraskan, mensinergikan program-program perencanaan khusus di sektor pariwisata dan kebudayaan, termasuk di dalamnya adalah ekonomi kreatif dengan para pemangku kepentingan,” kata Agus, dikutip dari antaranews, Selasa (07/03/2023).

Baca Juga : Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Gerakan Relawan Pandu Garuda: Kami Yakin Beliau Mampu Wujudkan Cita-cita Para Pendiri Bangsa

Agus menuturkan, tujuan dari penyelenggaraan forum SKPD tersebut adalah untuk menyelaraskan dan mensinergikan program-program khusus di sektor pariwisata dan kebudayaan, termasuk mendorong ekonomi kreatif.

Dirinya berharap, dengan adanya forum itu, mampu untuk membangun sinergitas dan kolaborasi antar pemangku kepentingan termasuk dari komunitas seperti Dewan Kebudayaan, Dewan Kesenian, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut, akademisi, dan lainnya.

“Mudah-mudahan ini kita bisa mensinergikan apa yang menjadi tugas-tugas dan fungsi yang dijalankan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, salah satu cara untuk memajukan sektor pariwisata yakni dengan meningkatkan kunjungan wisata dengan cara mengoptimalkan pelayanan kepariwisataan yang tidak hanya tugas Disparbud Garut saja, tapi semua pihak yang terlibat dalam sektor pariwisata.

Dukungan dari SKPD, kata Agus, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan dinas lainnya untuk sama-sama menciptakan pariwisata yang aman, nyaman, dan tertib sehingga memberikan kesan positif bagi wisatawan.

“Kalau kita bicara tentang Sapta Pesona, maka di situ ada aman, tertib, indah, bersih, begitu ya, maka di dalamnya tentu saja ada sektor yang lain seperti untuk Dinas Lingkungan Hidup, ada Dinas Kesehatan, lain sebagainya,” pungkasnya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang hadir dalam pertemuan forum itu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari musyawarah rencana pembangunan yang sebelumnya telah dilaksanakan dari mulai tingkat desa dalam rangka mematangkan program.

Dalam pertemuan itu, kata dia, masyarakat undangan dan seluruh SKPD bisa memberikan masukan kepada Disparbud Garut dalam merencanakan program untuk memajukan pariwisata dan kebudayaan di Garut tahun 2024.

Simak Juga : Panglima Angkatan Bersenjata Australia Temui Prabowo Subianto, Ini yang Dibahas

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close