BeritaNasionalPolitikRegional

Bawaslu Akan Siapkan Aplikasi Rekrutmen Calon Anggota Yang Berada di Daerah

BIMATA.ID, Jakarta- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah menggelar kegiatan lanjutan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan pembahasan persiapan aplikasi rekrutmen Bawaslu daerah.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Herwyn Jefler H Malonda menekan pembuatan sistem aplikasi rekrutmen tersebut harus dipercepat untuk mempermudah kerja Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rekrutmen calon anggota Bawaslu di tiap divisi.B

“Aplikasi rekrutmen ini harus dipercepat, karena seleksi calon anggota Bawaslu 29 provinsi akan dimulai. Apalagi rekrutmen untuk kabupaten/kota juga akan dimulai,” kata Herwyn Jefler H Malonda, dikutip dari website resmi Bawaslu RI, Kamis (09/03/2023).

Baca Juga: Jokowi Ajak Prabowo dan Ganjar ‘Main’ ke Sawah

Herwyn menerangkan, bahwa aplikasi rekrutmen itu nantinya akan menggabungkan data atau profil pelamar yang akan mengikuti seleksi rekrutmen sebagai calon anggota Bawaslu.

“Sistem ini nanti akan menjadi monitoring juga bagi Biro SDM dalam melakukan seleksi melalui data-data yang di-input,” ujarnya.

Walaupun begitu, dirinya meminta aplikasi rekrutmen tersebut sebelum dipublikasikan, masih perlu dilakukannya uji coba dengan diterapkan di Bawaslu daerah yang berpotensi masih jadi kendala, seperti jaringan internet yang kurang dan lainnya.

Cek Juga: Hashim Djojohadikusumo dan Ariza Patria Hadiri Deklarasi Presidium Relawan Prabowo Subianto

“Sebelum aplikasi ini dilaunching, harus di coba dulu aplikasi ini di daerah yang jadi blind spot,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, adapun tujuan diadakan diskusi tersebut dalam rangka tindak lanjut Focus Group Discussion (FGD) sebelumnya yang membahas pembuatan sistem aplikasi rekrutmen, maka perlu adanya penyusunan isi konten laman pada sistem aplikasi rekrutmen.

Maka dari itu, dalam waktu dekat ini Bawaslu berniat menggunakan aplikasi rekrutmen yang berstandar untuk memudahkan penjaringan anggota pengawas pemilu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang bersifat permanen.

Simak Juga: Presidium Relawan Prabowo Subianto Gelar Deklarasi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close