BeritaNasionalPolitik

Adang Daradjatun : Wakil Rakyat Bukan Hanya Sekedar Jabatan Semata

BIMATA.ID, Jakarta – Mahkamah Dewan (MKD) DPR RI menggelar Seminar Nasional bertema ‘Menyongsong Kontestasi Demokrasi; Mencari Wakil Rakyat yang Bervisi, Bernurani dan Berparadigma Etis’ di Jakarta beberapa hari yang lalu.

Pada pembukaan seminar tersebut Ketua MKD DPR RI Adang Daradjatun menyampaikan, bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) bukan hanya tentang memilih calon wakil rakyat yang diberikan partai politik. Namun juga memilih calon wakil rakyat yang mampu memahami arti dan makna dari rakyat itu sendiri.

“Pemilu 2024 mendatang menjadi ajang kontestasi untuk mencari wakil rakyat yang bernurani dan berparadigma etis. Tidak hanya memilih calon wakil rakyat yang disajikan partai politik, melainkan memilih calon wakil rakyat yang mampu memahami arti dan makna dari rakyat itu sendiri,” kata Adang Daradjatun, dikutip dari website resmi media Parlemen, Selasa (21/03/2023).

Baca Juga : Kepala BIN Doakan Prabowo Subianto Sukses di Pilpres 2024

Dalam kesempatan tersebut Adang menjelaskan, bagaimana mencari calon wakil rakyat yang memiliki visi-misi, nurani, dan etika sebagai salah satu program lembaganya yang bertugas menjaga kehormatan atau marwah anggota dewan.

“Wakil rakyat bukan sekadar jabatan belaka, namun dalam konteks paradigma etis terkandung pula nilai di dalamnya. Tapi juga dibaluti visi-misi dan nurani. Mereka yang terpilih diharapkan menjadi figur dengan sekujur tubuh yang merakyat serta perilaku etis yang menunjukkan bahwa mereka terhubung dan berbicara tentang rakyat dan nurani,” ucapnya.

Cek Juga : Kepala BIN Sebut Aura Presiden Jokowi Sudah Pindah ke Prabowo: Kita Doakan

Kemudian, dia mengungkapkan, bahwa MKD berharap sebagai Anggota DPR RI, tanggung jawabnya kepada rakyat yang memilihnya pun harus jelas. Sebab menurut Adang, dengan adanya seminar ini merupakan sebagai sebuah pemanasan. Pemanasan dalam arti mencari wakil-wakil yang baik dalam rangka membangun dan menjaga martabat Dewan Perwakilan Rakyat.

“Biar masyarakat aware. Jadi yang milih ini kan rakyat, biar diberi penjelasan tentang hasil-hasil Seminar ini dengan pembicara-pembicara yang sangat profesional, senior. Kita bisa mudah-mudahan mendapatkan wakil-wakil rakyat yang baik,” tutupnya.

Simak Juga : Survei LSJ: Prabowo Subianto Masih Kokoh di Posisi Teratas

Diketahui, kegiatan seminar ini turut dihadiri oleh, Wakil Ketua MKD, Habiburokhman, Anggota MKD Sartono Hutomo, dan KH Maman Imanul Haq yang tampil sebagai moderator, dengan lima pembicara yakni Ahli Filsafat, Romo Magnis Suseno, J Kristiadi dari DKPP (dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu), ahli hukum Dr. Abdul Chair Ramadhan, Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Rahmat Bagja, dan Anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) Yulianto Sudrajat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close