BeritaNasionalPolitik

Yan Permenas Mandenas Dorong Dana Otsus Papua Untuk Subsidi Pendidikan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Yan Permenas Mandenas menuturkan, implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022-2023 harus bisa subsidi di bidang pendidikan agar pendidikan di Papua menjadi gratis untuk anak-anak asli Papua.

“Kita (Komisi I DPR RI) harus perlu mendorong, agar implementasi teknis dari anggaran Otsus bisa teralokasi sampai ke lapangan. Tapi, buat saya yang paling penting adalah kita minta ke Menteri Keuangan untuk mencari format bersama agar dana Otsus ini bisa subsidi pendidikan,” tuturnya di Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, dikutip dari web dpr.go.id, Selasa (26/02/2023).

Baca juga: Dasco Instruksikan Kader Menangkan Prabowo di Rakorda Gerindra Sultra

Pejuang politik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menyatakan, pihaknya akan mendorong melalui Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Karena, di situ bisa bertemu dengan Menteri Bappenas RI dan Menteri Keuangan RI, serta menteri-menteri lainnya untuk membahas dan menuntaskan hal tersebut.

“Pasti saya akan bicarakan kepada mereka untuk bisa memberikan porsi khusus untuk daerah-daerah 3T ini, supaya ditangani dengan cara yang lebih baik agar ada pemerataan untuk masyarakat di pulau-pulau terluar Indonesia,” pungkas Yan Mandenas.

Lihat juga: Ingatkan Seruan Prabowo Subianto, Bambang Haryadi: Kader Wajib Faham Manifesto Perjuangan Partai Gerindra

Yan Mandenas juga menyampaikan harapan lain dari masyarakat Supiori, seperti pendidikan pra tes masuk TNI-Polri. Pasalnya, anak-anak yang hidup di Papua rata-rata pada saat pendaftaran mereka tidak siap dari sisi mental, terkadang secara fisik bagus tetapi mental mereka tidak siap.

“Nah, jadi mentalitas itu yang perlu kita bangun. Jadi pada saat mereka tes, mereka percaya diri karena mereka sudah punya bekal yang dipersiapkan baik itu untuk masuk TNI dan juga rekrutmen untuk Polri noken,” ucap legislator asal daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Papua ini.

Simak juga: Anak Buah Prabowo Minta Pemerintah Segera Atasi Kelangkaan Minyakita

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close