BeritaHeadlineHukumRegionalUmum

Polres Pasuruan Gelar Kegiatan Kopi Darat Bersama Media Cegah Peredaran Berita Hoax

BIMATA.ID, Pasuruan- Polisi Resor (Polres) Pasuruan mengadakan kegiatan rutin ngopi bersama media (Piramida), dalam rangka menjalin silaturahmi dan kedekatan dengan para wartawan guna mencegah peredaran berita hoax yang ada di publik.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan di Desa Pujasera Purwosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Dilansir melalui website resmi Humas Polri, pada Jumat (24/02/2023).

Hadir dalam kegiatan Piramida tersebut, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. yang diwakili oleh Kasi Humas Polres Pasuruan Ipda Bambang Sugeng Hariyadi, S.Sos, Jurnalis Lumbung Berita, CBN, Gerak Nusantara, Oposisi, Lintas Matra, Potret Lensa dan beberapa awak media lainnya.

Baca Juga: Prabowo Pamerkan Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa di Kancah Internasional

Saat pembukaan kegiatan tersebut Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Pasuruan Ipda Bambang Sugeng Hariyadi memberikan sambutannya kepada para awak media, ia menyampaikan agar masyarakat tidak mudah terpancing serta menyebarluaskan berita yang belum diketahui fakta atau kebenerannya.

Bambang mengingatkan kepada para wartawan, kalau sebuah kabar hoax atau berita bohong bisa membawa masalah serius bagi masyarakat, maka dari itu dia meminta agar para awak media bisa ikut berperan aktif membantu dalam memberikan edukasi positif di dalam menyusun berita narasi On Line nya.

Cek Juga: Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Awak media Lumbung Berita Miftahul Ulum juga menjelaskan “Dalam membuat berita, kita sebagai awak media harus menyampaikan isi berita sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan, jangan sampai mengurangi atau menambahi sebuah isi berita dengan kalimat bohong (hoax) atau tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga imbasnya masyarakat akan mudah terprovokasi saat membaca berita tersebut, Saring sebelum Sharing ,” Ungkap Ulum.

Dirinya juga mengatakan kepada rekan-rekan jurnalis, jangan sampai ada yang mengkonsumsi narkoba. Sebab menurutnya, penyalahgunaan narkoba akan berakibat sangat fatal pada diri sendiri dan itu merupakan hal yang dilarang oleh negara serta melanggar hukum.

“Waspadalah terhadap ajakan kawan atau seseorang dalam menggunakan narkoba, karena narkoba bisa menimbulkan efek kecanduan, dan jika sudah kecanduan maka yang dirugikan adalah kita sendiri selain merusak kesehatan juga melanggar hukum yang akhirnya bisa masuk penjara. Hindari dan jauhi yang namanya narkoba agar kita semua sehat dan selamat,” ujar Bambang.

Simak Juga: Kunjungi Pimpinan Timur Tengah, Prabowo Perkenalkan Produk Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa

Selain itu, salah satu jurnalis bernama Adi yang berasal dari Kecamatan Wonorejo, meminta kepada jajaran Polres Pasuruan untuk sering melakukan Sosialisasi atau Penyuluhan terkait Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah-Sekolah.

“Sosialisasi terkait Bahaya Penyalahgunaan Narkoba sangat perlu dilakukan oleh pihak Kepolisian khususnya untuk para Pelajar, agar para penerus bangsa tidak terkontaminasi dengan Penyalahgunaan Narkoba, sehingga tercipta Anak Bangsa yang Berprestasi untuk memajukan NKRI,” ungkap Adi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close