BeritaRegional

Pertamina Indramayu Bentuk Tim Tanggap Bencana yang Berisi 127 Pemuda

BIMATA.ID, Indramayu – General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Diandoro Arifian mengatakan, pihaknya sedang melatih 127 pemuda sekitar kilang untuk menjadi tim tanggap bencana agar ketika terjadi kebencanaan bisa diterjunkan.

“Semoga ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh para instruktur bermanfaat saat dibutuhkan dan menjadi bekal kesigapan warga Indramayu dalam tanggap bencana,” kata Daindoro, dikutip dari antara, Selasa (28/02/2023).

Menurut Diandoro, para peserta mengikuti materi yang diisi oleh beberapa instansi seperti dari Polres Indramayu yang menyampaikan materi tentang Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), kemudian Dandim 0616 Indramayu Letkol ARM Andang Radianto, S.A.P yang memaparkan materi tentang penanganan masa tanggap bencana, pengamanan pengungsi, dan rehabilitasi wilayah.

Baca Juga : Menhan Prabowo Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura, Ini Yang Dibahas

Lanjut Diandoro, materi yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup sosialisasi yakni tentang mitigasi pemulihan lingkungan pasca bencana. 

“Mereka juga diberi materi terkait pra hingga pasca bencana bersama oleh BPBD Indramayu. Kemudian pelatihan manajemen dapur umum dan mendirikan tenda bersama Dinas Sosial,” ucapnya.

Para peserta juga diberikan teori segitiga api yang merupakan pemicu terjadinya kebakaran, serta diajarkan praktek memadamkan api menggunakan fire blanket dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh tim Emergency and Insurance-HSSE RU VI Balongan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga mendapatkan pelatihan teknik water rescue bersama Kantor SAR Bandung di kolam Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), pelatihan first aid bersama PMI Indramayu, dan simulasi (drill) penanganan keadaan darurat bencana banjir yang diikuti seluruh peserta dan instansi yang terlibat.

“Pelatihan ini merupakan bentuk perhatian untuk para generasi muda yang memiliki jiwa sosial di Kabupaten Indramayu agar memiliki kompetensi dalam memberikan bantuan apabila terjadi bencana,” pungkasnya.

Simak Juga : Prabowo Subianto Dukung Peningkatan Kerja Sama RI-Singapura

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close