BeritaInternasionalNasionalPolitik

Prabowo Subianto Dukung Peningkatan Kerja Sama RI-Singapura

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Inodnesia (RI), Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura (Chief of the Defence Force Republic of Singapore), Lt Gen Melvyn Ong di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 27 Februari 2023.

Dalam pertemuan itu membahas terkait peningkatan hubungan kerja sama militer antara Indonesia dan Singapura yang sudah terjalin diberbagai bidang.

“Kementerian Pertahanan mendukung penuh kerja sama militer yang erat antara Indonesia dan Singapura yang dibangun dengan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum internasional,” tutur Prabowo.

Baca juga: Menhan Prabowo Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura, Ini Yang Dibahas

Setelah penerapan perjanjian pertahanan (Defence Cooperation Agreement/DCA) antara Indonesia dan Singapura, Prabowo optimis, interaksi kerja sama pertahanan kedua negara akan semakin signifikan. Hal tersebut juga akan bermuara pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) pertahanan kedua negara.

Prabowo mengemukakan, Kemhan RI berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama pertahanan yang telah ada antara kedua negara menjadi lebih signifikan guna perdamaian di kawasan dan di dunia.

Lihat juga: Asran Siara: Ungkap Penyebab Prabowo Paling Digandrungi di Pemilu 2024

“Diharapkan kerja sama pertahanan kedua negara dapat berkembang lebih signifikan dan saling menguntungkan. Sehingga, nantinya kerja sama ini dapat memberikan kontribusi bagi stabilitas kawasan,” ucap Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Mantan Danjen Kopassus ini menjelaskan, salah satu prioritas kerja sama pertahanan dengan Singapura adalah bidang pendidikan. Kemhan RI bermaksud untuk mengembangkan kerja sama yang lebih intensif di bidang tersebut.

Simak juga: Kunjungi Pimpinan Timur Tengah, Prabowo Perkenalkan Produk Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa

Prabowo menyampaikan, Kemhan RI bakal segera membentuk forum tahunan komite kerja sama pertahanan RI-Singapura. Di mana. Sub komite militer akan menjadi bagian di dalamnya.

Diharapkan, kedua Angkatan Bersenjata dapat menggunakan forum itu untuk membahas lebih lanjut kerja sama militer di berbagai bidang, dan kemungkinan-kemungkinan menciptakan bidang kerja sama baru.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close