Berita

Asran Siara: Ungkap Penyebab Prabowo Paling Digandrungi di Pemilu 2024

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi figur dengan elektabilitas calon Presiden tertinggi di Pemilu 2024.

Menurut Direktur Literatur Institut, Asran Siara menyampaikan tingginya elektabilitas Prabowo Subianto tidak lepas dari militansi dukungan di tingkat grassroot atau akar rumput.

Asran Siara mencontohkan dukungan akar rumput dari komunitas lintas pedagang yang massif melakukan deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto hampir semua daerah.

“Kalau kita melihat pak Prabowo dinilai sebagai figur kuat representasi politik yang memiliki visi ekonomi kerakyatan. Itu yang jadi magnet pedagang menyatakan dukungan,” ungkapnya dalam keterangan pers, Jakarta, Kamis 23 Februari 2023.

Kedua, kata Asran, massifnya dukungan pedagang se-Indonesia menjadi salah satu indikator politik bahwa masyarakat semakin peduli dengan situasi politik dan demokrasi Indonesia.

“Masyarakat mulai sadar bahwa salah satu instrumen penentu kebijakan adalah proses demokrasi. Dimana melihat visi figur yang sejalan dengan karakternya akan mendapat dukungan. Seperti halnya visi ekonomi kerakyatan Prabowo Subianto,” tandasnya.

Asran Siara menambahkan, figur Prabowo Subianto dengan pedagang bukan hal baru. Sebab, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut lama memimpin Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

“Pak Prabowo memang sejak dulu sudah akrab dengan kalangan pedagang. Beliau kemana-mana keluar masuk pasar mendengarkan aspirasi pedagang. Jadi Prabowo bukan orang baru bagi kalangan pedagang pasar,” bebernya.

Selanjutnya, kata Asran Siara, sosok Prabowo merupakan sosok negarawan yang meredam polarisasi ditengah masyarakat dan mampu merangkul semua elemen bangsa.

“Hebatnya pak Prabowo benar-benar selalu memposisikan diri beliau sebagai negarawan. Pemimpin untuk semua. Dimana beliau selalu mengedepankan kepentingan nasional dan rakyat,” terang Asran.

Asran Siara mencontohkan, disaat Prabowo Subianto memutuskan bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Ia berhasil memberikan pelajaran terbesar bagi bangsa ini.

Hal itu, sesuai dengan doktrin Prabowo bahwa kepentingan negara adalah diatas kepentingan segala-galanya. Baik kepentingan kelompok maupun golongan.

“Tidak banyak tokoh seperti pak Prabowo. Beliau dianggap sebagai negarawan yang selalu mementingkan kepentingan besar bangsa Indonesia,” jelas Asran.

Lebih jauh, Asran Siara berharap Pemilu 2024 menjadi momentum nasional yang melahirkan pemimpin yang visioner yang mengedepankan kepentingan bangsa.

“Semoga kepedulian masyarakat terhadap proses demokrasi terus mendorong proses pemilu yang berkualitas dan melahirkan kepemimpinan nasional yang melanjutkan pembangunan saat ini,” tutupnya.

(*)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close