BeritaNasional

Menkes Ingatkan Masyarakat Melakukan Deteksi Dini Kanker

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ingatkan masyarakat aktif melakukan deteksi dini kesehatan.Hal tersebut penting untuk meminimalkan keparahan kanker.

“Angka survival ratenya tinggi tapi syaratnya harus deteksi dini. Sekitar 90 persen bisa dikendalikan,” katanya, Senin (20/02/2023).

Baca Juga : HUT Gerindra ke-15, Kader dan Warga Jakarta Timur Deklarasi Pemilu Damai dan Siap Menangkan Prabowo Subianto

Pihaknya mengatakan deteksi yang terlambat justru memperparah situasi. Persentase kematian mencapai 90 persen bila kanker kandung ditemukan saat stadium lanjut.

“Sebagian besar pasien yang memeriksakan diri saat kanker sudah dalam stadium lanjut. Akibatnya 90 persen pasien kanker tidak mendapatkan penanganan yang optimal,” ucapnya.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu mengungkapkan sejumlah faktor telat deteksi dini. Pertama, masyarakat khawatir memeriksakan diri karena keterbatasan dana.

Cek Juga : Pedagang Semarang Konsolidasi Bersama PAPERA Dukung Prabowo

“Kedua, keterbatasan peralatan sehingga belum banyak fasilitas kesehatan utamanya di daerah yang mampu melakukan skrining kanker,” ungkapnya.

Budi juga menyebut faktor ketiga, yakni kurangnya tenaga kesehatan yang berkompeten. Hal itu menjadi pekerjaan rumah (PR) Kemenkes untuk mereformasi kesehatan.

“Terkait pembiayaan, skrining kanker saat ini sudah ditanggung BPJS Kesehatan sehingga bisa masyarakat bisa memanfaatkan secara gratis,” jelasnya.(oz)

Simak Juga : Deklarasi Dukungan, Prawiro Jabar Minta Prabowo Perkuat Pilar Ketahanan Pangan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close