BeritaRegional

Dinkes Malang Benarkan Peristiwa Keracunan Massal yang Dialami Mahasiswa UB

BIMATA.ID, Malang – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Dr Wiyanto Wijoyo, membenarkan adanya peristiwa keracunan massal yang dialami oleh mahasiswa Universitas Brawijaya, Saat kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

“Iya, benar ada KLB (kejadian luar biasa) dengan korban mahasiswa Universitas Brawijaya saat kegiatan di Desa Jedong, Wagir,” ujar Dr Wiyanto Wijoyo, dikutip melalui salah satu website media berita, pada Rabu (08/02/2023).

Baca Juga : 15 Ribu Kader Gerindra Sulsel Bakal Sambut Prabowo di Makassar

Dirinya menerangkan, penyebab ratusan mahasiswa mengalami keracunan diduga dari makanan yang dikonsumsi.Sebab, para korban rata-rata mengalami mual serta diare.

“Penyebabnya karena makanan yang kemudian mengakibatkan mual serta diare,” paparnya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Puskesmas Wagir, korban keracunan mencapai 510 mahasiswa mengalami mual, muntah, serta pusing. Dari total peserta kegiatan KKM sebanyak hampir 1200 orang.

Cek Juga : Nahdliyin Teriaki Prabowo Subianto ‘Presiden Selanjutnya’ di Harlah 1 Abad NU

“Waktu kejadian ini sangat cepat dengan selang waktu terpendek 3 jam dan terpanjang 6 jam dari mulai makan hingga sampai terkumpul penderita sebanyak 510 mahasiswa dari hasil konfirmasi ke Puskesmas Wagir,” tegas Wijoyo.

“Delapan orang alami diare dan harus menjalani perawatan,” lanjutnya.

Diketahui sebelumnya, KKM merupakan kegiatan pengabdian para mahasiswa kepada masyarakat, yang meliputi lima proyek yaitu pembangunan infrastruktur penerangan jalan umum (PJU) berbasis tenaga surya, perabatan jalan, normalisasi saluran irigasi; sosialisasi sistem pengolahan sampah, dan pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi di sekolah dasar.(oz)

Simak Juga : Prabowo Beri Kepercayaan Buruh Lepas Jadi Pengucap Pembukaan UUD 45 di HUT Gerindra

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close