BeritaHeadlineNasionalOpiniPolitik

Bursa Cawapres Ganjar Memanas antara Ridwan Kamil dan Mahfud MD

BIMATA.ID, Jakarta – Ridwan Kamil salam perpisahan ketika berkemas dari rumah dinas dan kantornya di Gedung Sate, Bandung. Per 5 September 2023, ia tak lagi menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Acara pelantikan penggantinya berlangsung khidmat. Namun setelahnya, pernyataan mengejutkan terlontar: dia telah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Saat ini, di kubu PDIP sebagai pengusung capres Ganjar Pranowo, proses pemilihan nama-nama kandidat cawapres Ganjar mendekati final. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ada 3 nama yang tengah digodok.

“[Ada] Pak Sandiaga, kemudian nama lain seperti Pak Mahfud MD, Pak RK (Ridwan Kamil), dan beberapa nama yang muncul di permukaan karena disuarakan oleh rakyat, itu dikaji secara mendalam,” kata Hasto usai mengikuti acara senam yang diselenggarakan organisasi sayap PDIP di Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9).

Dikutip dari Kumparan.com, mulanya Ganjar nyaman berpasangan dengan Sandiaga Uno. Namun kemudian, menurut sumber lain di lingkaran Ganjar, Megawati kini mengerucutkan daftar cawapres ke dua nama: Ridwan Kamil dan Mahfud MD.

Menurut sejumlah sumber, kecondongan PDIP memilih Emil menguat beberapa waktu terakhir. Emil—yang eks Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat—dinilai bisa menutup lemahnya suara Ganjar di Jawa Barat, provinsi dengan jumlah pemilih paling besar di Indonesia, sebanyak 35,7 juta jiwa.

Di PDIP, nama capres-cawapres adalah domain ketua umum partai, Megawati. Namun, menurut Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar, Deddy Sitorus, ada 6 kriteria cawapres yang bakal dipilih PDIP:

  1. Teruji sikap nasionalismenya; punya karakter kuat dan rekam jejak baik.
  2. Memiliki chemistry dengan capres sehingga bisa bekerja sama.
  3. Punya daya ungkit elektoral untuk memperkuat elektabilitas.
  4. Diterima oleh partai pengusung.
  5. Mencerminkan Indonesia yang plural.
  6. Tidak ambisius yang berlebihan dan siap menjadi wakil.

Pada satu kesempatan, Deddy menyatakan harapannya agar cawapres Ganjar berasal dari kalangan muda, sebab pemilih muda mencapai 52% di Pemilu 2024.

Selain Ridwan Kamil, nama Menkopolhukam Mahfud MD juga muncul sebagai tokoh yang berpotensi menjadi cawapres PDIP, Ganjar Pranowo. Ini adalah kali kedua Mahfud digadang-gadang menjadi cawapres PDIP, setelah pada Pilpres 2019 lalu ia menjadi bakal cawapres Jokowi.

Di Pilpres 2024, Mahfud MD kembali dikabarkan didekati capres PDIP untuk dijadikan cawapres. Hal ini diperkuat dengan pertemuan empat mata antara Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD. Tak cuma itu, Mahfud juga disebut sempat bertemu empat mata dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Meski, Mahfud mengaku kedua pertemuan itu tak ada hubungannya dengan Pilpres 2024. Menurut Mahfud, ia memang kerap bertemu dengan Megawati dalam kapasitas sebagai bagian dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Karena saya tahu itu bukan domain saya. Bu Megawati lebih tahu semuanya tentang setiap orang. Jadi kita enggak bicara itu [soal Pilpres 2024]. Menghormati aja,” tuturnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close