NasionalOpiniPolitik

15 Tahun Partai Gerindra, Berdiri Mengabdi Bergerak Membawa Perubahan

Penulis: Yusmar Abdillah

BIMATA.ID, Jakarta – 15 Tahun adalah umur yang cukup panjang untuk sebuah perjalanan partai politik di Indonesia. Tak jarang pasca reformasi telah melahirkan puluhan partai politik baru. Namun, tidak sedikit pula yang akhirnya kandas di tengah jalan.

Pasang surut perolehan suara Pemilu seolah menjadi hal yang biasa terjadi. Namun sejak Partai Gerindra berdiri, yaitu pada tahun 2008 yang lalu, prestasi Partai Gerindra terus menunjukan perubahan melalui raihan suara Pemilu yang diraihnya.

Baca juga: 15 Ribu Kader Gerindra Sulsel Bakal Sambut Prabowo di Makassar

Tahun 2009 adalah awal tonggak perjuangan Partai Gerindra dalam kancah perpolitikan nasional. Untuk sekelas partai baru, mungkin bisa lolos Parliamentary Threshold saja sudah merupakan prestasi. Partai Gerindra berhasil meraih 4,64 juta suara atau 4,46% dari total suara sah nasional yang jumlahnya 104,05 juta suara. Dengan capaian tersebut, Partai Gerindra mampu menempatkan 26 orang di DPR RI.

Kemudian, pada Pemilu 2014 perolehan suara Partai Gerindra meningkat menjadi 14,75 juta suara atau 11,81% dari 124,88 juta suara sah nasional.

Perolehan suara tersebut merupakan yang terbesar ketiga setelah PDI Perjuangan (18,96%) dan Partai Golkar (14,75%). Wakil Gerindra di DPR RI pada 2014 pun bertambah menjadi 73 orang.

Lihat juga: Nahdliyin Teriaki Prabowo Subianto ‘Presiden Selanjutnya’ di Harlah 1 Abad NU

Berikutnya, pada Pemilu 2019 perolehan suara Partai Gerindra kembali meningkat menjadi 17,23 juta atau 12,31% dari 129,97 juta suara sah nasional. Ketika itu, perolehan suara Partai Gerindra berada di urutan kedua terbesar setelah PDI Perjuangan yang meraih 19,33% suara.

Perjalanan Partai Gerindra yang terus menanjak di usia ke-15 tahun ini, semoga menjadikan Partai Gerindra semakin bisa memberikan prestasi, terus melakukan aksi nyata, bergerak bersama Bangkitkan Indonesia Raya untuk perubahan lebih baik lagi.

‘Selamat HUT ke-15 Tahun Partai Gerindra’

Simak juga: Soal Dikhianati, Ketua Harian Gerindra: Pak Prabowo Ajarkan Kami Untuk Berbesar Hati

Semoga dalam Pemilu 2024 yang akan datang, prestasi Partai Gerindra terus meningkat dan menjadi pemenang Pemilu, dan bisa menjadikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI ke-8.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close