BeritaNasional

Kemensos Bersama Kemenkeu Berikan Bantuan Kepada Lansia di Kabupaten Malang

BIMATA.ID, Solo – Kementerian Sosial (Kemensos) Tri Rismaharini bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat rentan yang berada di wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Tri Rismaharini mengatakan, sejak Desember tahun 2022 telah memberikan bantuan kepada masyarakat rentan, yang terdiri dari lansia, penyandang disabilitas dan anak yatim.

“Kementerian Sosial, untuk bantuan makanan sudah diberikan sejak Desember, itu untuk lansia, penyandang disabilitas termasuk bantuan anak yatim” katanya, dikutip dari antara, Jumat (20/01/2023).

Baca Juga : Politisi Gerindra Sumbar Optimis Menangkan Prabowo

Bantuan itu diserahkan kepada 120 perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebagian bantuan itu diberikan kepada 30 KPM penyandang disabilitas.

“Kemudian empat orang penyandang disabilitas sensorik rungu wicara dan satu lansia”ucapnya.

Dia melanjutkan, bantuan tersebut berupa 30 paket kewirausahaan, tongkat penuntun adaptif delapan buah, kursi roda adaptif sebanyak tiga buah, alat bantu jalan tiga buah, alat bantu dengar empat buah dan dua unit motor roda tiga untuk berniaga.

“Untuk bantuan seperti tongkat adaptif, kemudian kursi roda khusus, itu tidak ada dipasaran di Indonesia. Jadi, kita merakit sendiri yang dibuat oleh saudara – saudara kita penyandang disabilitas” pungkasnya.

Lihat Juga : Milenial Nilai Pak Menhan Prabowo Paling Layak Lanjutkan Kepemimpinan Presiden Jokowi

Sebagai informasi, Kementerian Sosial pada tahun 2022 telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 112 miliar, yang digunakan untuk membantu para lansia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bantuan itu disalurkan ke 24 provinsi yang mencakup 171 kabupaten kota melalui 1.434 kelompok masyarakat, dengan total penerima 35.459 orang dengan jumlah anggaran Rp. 23,3 miliar.(Pan)

Simak Juga : Milenial Nilai Pak Menhan Prabowo Paling Layak Lanjutkan Kepemimpinan Presiden Jokowi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close