BeritaPolitik

Jelang Pemilu 2024 PKB Gelar Ijtima Ulama Nusantara

BIMATA.ID, Jakarta- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar acara Ijtima Ulama Nusantara dengan tema “Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia”. pada tanggal 13-14 Januari 2023 di Hotel Millenium Jakarta.

Ijtima Ulama Nusantara merupakan forum silaturahmi dan konsolidasi gagasan dan pandangan para ulama ,para kiai, dan pimpinan pondok pesantren di Nusantara dalam menghadapi pemilu 2024.

“Ijtima Ulama ini seperti reuni para tokoh PKB sebagai partai yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama. PKB sepanjang perjalanannya telah melahirkan banyak tokoh yang punya kontribusi besar terhadap bangsa,” kata Sekretaris Dewan Syura DPP PKB, Saifullah Maksum, dikutip dari tempo, Kamis (12/01/2023).

Maksum menjelaskan, acara ini akan dihadiri ulama dan kiai-kiai dari pesantren NU serta tokoh nasional yang pernah berkiprah di PKB sejak didirikan. Mereka di antaranya seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md,Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta mantan Ketua Umum DPP PKB Alwi Shihab.

Dia melanjutkan, Acara ini digelar dalam rangka memastikan kinerja dan program PKB yang selalu mendapatkan pengawasan dan arahan dari ulama. Selain itu, acara ini sebagai bukti peranan dan ikut campur ulama dalam menjaga bangsa dan negara.

“Ijtima Ulama Nusantara diharapkan menyamakan visi tentang perjuangan politik PKB sebagai wasilah mewujudkan cita-cita luhur muassis Nahdlatul Ulama. Meneguhkan soliditas dan kebersamaan para ulama dengan misi perjuangan dan agenda politik PKB, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang,” kata Maksum.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan menghadiri acara tersebut. Cak Imin nantinya, bakal mengisi dialog kenegaraan dan kerakyatan terkait kepemimpinan 2024.

Menurut Muhaimin, acara ini merupakan bentuk perhatian ulama bagi PKB. Selain itu Muhaimin menyebut acara ini sebagai sarana mengobati rindu dengan bertemu ulama Nusantara

“400 hari menuju Pileg dan Pilpres 2024, PKB sangat membutuhkan nasihat dan bimbingan para ulama untuk kemenangan dan kejayaan PKB,” jelas Cak Imin.

Tokoh lain yang bakar hadir dalam Ijtima Ulama Nusantara, di antaranya Said Aqil Siradj dan Dahlan Iskan. Lalu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Pengamat Politik Burhanudin Muhtadi, serta Badriyah Fahyumi didatangkan sebagai narasumber.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close