BeritaNasional

Jelang Idul Fitri 2023, ASDP Tingkatkan Fasilitas Layanan Pelayanan Pelabuhan Merak

BIMATA.ID, Jakarta- Perseroan Terbatas atau PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) mengupayakan peningkatan pada sejumlah fasilitas di Pelabuhan Merak, Banten. Hal ini dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang saat momentum Angkutan Lebaran 2023.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, dalam keterangan tertulisnya ia menjelaskan, bahwa peningkatan beberapa fasilitas tersebut guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa angkutan laut.

“ASDP melakukan sejumlah persiapan termasuk peningkatan sejumlah fasilitas dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa,” ucap Shelvy, hal ini dikutip melalui detik.com, pada Senin (30/01/2023).

Baca juga : Prabowo Dicium Emak-Emak di Medan

Shelvy mengungkapkan, pihaknya akan menggunakan tiga skenario peningkatan fasilitas di Pelabuhan Merak yang dilakukan ASDP menjelang Angkutan Lebaran 2023.

Skenario pertama, ASDP melakukan peningkatan fasilitas melalui penambahan lahan parkir di Lahan Munic Cikuasa Atas untuk area di luar pelabuhan. Lalu, penambahan lahan parkir di delapan titik lokasi dalam Pelabuhan Merak melalui pembelian lahan dan pembongkaran kantor ASDP (untuk area di dalam pelabuhan).

Selengkapnya : Anggota DPRD SUMUT: Emak-Emak Loyal ke Prabowo

“Dampak dari skenario ini, kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah, lebih kurang sebanyak 1.840 unit kendaraan kecil,” ungkapnya.

Skenario kedua adalah perluasan satu arah jalan arteri Cikuasa Atas. Serta, pemindahan stasiun KA Pelabuhan Merak yang akan berhenti di Stasiun Cilegon dan dilanjutkan dengan bus DAMRI ke Pelabuhan Merak.

Sebelumnya baca juga : Menhan Prabowo Ingatkan Babinsa Untuk Selalu Waspada

Shelvy menjelaskan pemindahan stasiun tersebut akan mendorong layanan logistik semakin efektif dan berdampak positif, di mana angkutan logistik semakin dekat menjangkau Krakatau Steel dan Ciwandan.

Selain itu, Shelvy menyebut dengan skenario kedua peningkatan fasilitas untuk di luar pelabuhan adalah melalui pengoperasian Pelabuhan Ciwandan dan jalan arteri Cikuasa Atas diperlebar satu arah sejumlah 3,5 meter ke Arah Merak. Sementara peningkatan fasilitas di dalam pelabuhan ASDP adalah pengoperasian Dermaga 1 sebagai Eksekutif 2, penambahan lahan parkir menjadi delapan titik lokasi melalui pembelian lahan, pembongkaran dan pemindahan kantor ASDP, relokasi KSKP dan workshop, serta pengoperasian tug boat.

Artikel terkait : Kunjungi Koramil 10 Medan Marelan yang Dibangun Atas Swadaya Masyarakat, Prabowo: Ini Luar Biasa

Dirinya juga mengatakan, skenario kedua ini akan berdampak pada kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah lebih kurang 1.840 unit kendaraan kecil. Selain itu, aksesibilitas jalan arteri Cikuasa Atas ke arah Merak bertambah satu lajur dan bahu jalan yang setara lebih kurang 760 unit kendaraan kecil. Ia menilai skenario kedua ini bisa berhasil dengan adanya dukungan dan kerjasama antar instansi demi terwujudnya pelayanan angkutan publik yang terintegrasi, tertib, lancar, dan selamat.

Untuk skenario ketiga, Stasiun KA Merak sudah dipindah ke lokasi baru dan jalan arteri Cikuasa Atas dan Bawah diperluas dua arah.

Dengan skenario ini, maka peningkatan fasilitas di luar pelabuhan ASDP adalah pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, penambahan jalan arteri Cikuasa Atas & Bawah selebar 3,5 meter dua arah, dan adanya penambahan fasilitas timbangan kendaraan.

ML/FID

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close