BeritaRegional

BPBD Kota Ternate Banjir Merendam Rumah Warga di Pulau Batang

BIMATA.ID, Malut – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Yudi Yanto Yusuf menyatakan banjir yang melanda Kelurahan Mayau menyebabkan tujuh rumah warga tergenang air dan 36 jiwa dari sembilan kepala keluarga terdampak. Mereka terpaksa mengungsi ke rumah kerabat.

“Banjir tersebut terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda di daerah itu selama dua jam pada Kamis kemarin,” katanya, Jumat (27/01/2023).

Baca Juga : Usai Ketemu Gibran di Solo, Kini Prabowo Ketemu Menantu Jokowi di Medan

Pihaknya juga mengatakan banjir terjadi akibat luapan sungai di Kelurahan Mayau masuk ke pemukiman warga. Langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Mayau maupun Kecamatan Pulau Batang Dua, yakni memberikan bantuan paket makanan serta membangun dapur umum bagi 36 orang warga yang terdampak banjir.

Selain itu, BPBD kota Ternate menerjunkan tim ke lokasi banjir untuk melakukan pendataan serta melakukan langkah-langkah selanjutnya. Dia mengimbau kepada warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat potensi hujan masih terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Sementara itu, BMKG Sultan Baabullah Ternate memprakirakan kondisi cuaca di Malut dalam beberapa hari terakhir umumnya berawan dengan potensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Morotai, Galela, Tobelo, Jailolo, Loloda, Ibu, Batang Dua, Hiri, Ternate, Tidore, Moti, Makian, Kayoa, Kasiruta, Bacan, Obi, Mangole, Sanana, Taliabu, dan sekitarnya.

Cek Juga : Ahmad Munzani : Peresmian Sekber Bentuk Komitmen Kerja Sama Politik Gerindra dan PKB

Selain itu, BMKG setempat mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi banjir di wilayah Morotai, Jailolo, Galela, Dama, Kao, Ibu, Tobelo, dan Batangdua.

Lalu, di Weda, Patani, Sofifi, Sidangoli, Maba, Buli, Wasile. Kondisi ini juga berpotensi terjadi gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter di Perairan Barat bagian utara Halmahera, Perairan Loloda, Perairan Morotai Utara dan Laut Halmahera.(oz)

Simak Juga : Partai Nasdem dinilai Lirik Koalisi Prabowo Subianto – Gus Muhaimin

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close