BeritaNasionalPolitik

Mulyanto Minta BRIN Evaluasi Diri

BIMATA.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) meminta Badan Riset dan Inovasi Nasional () untuk mengevaluasi diri, serta bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Sebaiknya jangan mencampuri kewenangan (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang memiliki tugas mengamati, menganalisis, dan menginformasikan keadaan cuaca di Indonesia,” kata Anggota Komisi VII , , melalui keterangan tertulis, Kamis (29/12/2022).

Kemudian Mulyanto juga mengingatkan, agar setiap lembaga meningkatkan koordinasi. Sehingga, tidak bekerja secara acak dan menyinggung tugas lembaga lain.

“Sebab, kalau setiap lembaga bekerja secara acak akan membingungkan masyarakat,” tandasnya.

Mulyanto menyayangkan kejadian miskomunikasi antara BRIN dan BMKG terkait info prakiraan adanya badai besar yang melanda Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) pada Rabu, 28 Desember 2022.

Legislator asal daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Banten III ini menambahkan, peristiwa itu seharusnya tidak perlu terjadi jikalau masing-masing pihak disiplin pada tugasnya masing-masing.

“Ini adalah persoalan kewenangan BRIN dalam mendesiminasi hasil riset atau kajian ilmiah, khususnya terkait dengan kebencanaan yang dapat memicu histeria publik,” lanjut Mulyanto.

Pasalnya, BRIN tidak memiliki kewenangan tersebut. Terlebih, informasi prakiraan cuaca merupakan pernyataan pribadi salah satu peneliti BRIN.

Oleh karena itu, Mulyanto meminta, agar Kepala BRIN, mendisiplinkan para penelitinya. Sehingga, kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Sebagai badan riset, BRIN seharusnya bisa membuat alur koordinasi dan komunikasi yang baik,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera () ini.

[MBN]

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close