BeritaHeadlinePolitikRegional

Ganjar Minta Bupati Cianjur Buktikan Tak Ada Penyelewengan Dana Bantuan Gempa

BIMATA.ID, Jabar – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, menuturkan, dugaan penyelewengan dana bantuan bagi korban gempa harus ditindaklanjuti dengan serius. Sebab, akan menyangkut kepercayaan dari banyak pihak.

“Bupati Cianjur, , agar melakukan penelusuran dan evaluasi terkait dugaan penyelewengan bantuan luar negeri untuk bencana gempa yang dilaporkan ke KPK. Bupati kan sudah membantah dugaan tersebut. Tapi bukan berarti dugaan ini diabaikan begitu saja, harus ditindaklanjuti, dikhawatirkan memang terjadi penyimpangan,” tuturnya, Selasa (27/12/2022).

Legislator asal daerah pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Cianjur ini mengemukakan, Herman yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) harus membuktikan jika dugaan penyelewengan bantuan asing untuk korban gempa bumi tidak benar.

“Kalau memang tidak ada, ya harus dibuktikan supaya tidak mempengaruhi kepercayaan donatur yang sudah dan akan membantu warga terdampak gempa bumi Cianjur,” pungkas Ganjar.

Ganjar menyampaikan, harus ada evaluasi menyeluruh. Setiap gudang penyimpanan diperiksa, benar tidak menyalurkan sesuai SOP atau ternyata memang ada penyimpangan. Jika ada pejabat yang bermain, maka tindakan tegas harus diberikan supaya menjadi contoh ke depan agar bantuan benar-benar tersalurkan.

“Kalau memang ada yang nakal, maka harus ditindak tegas supaya tidak terulang. Tapi kalau tidak ada penyimpangan, segera jelaskan pada publik. Hal ini (pelaporan) harus menjadi pembelajaran, agar penyaluran lebih hati-hati sesuai aturan dan tidak terjadi penyimpangan,”  ucap Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya () Kabupaten Cianjur ini.

[MBN]

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close