BeritaHeadlineInovasiRegionalSains & TekUmum

 Ditlantas Polda Metro Jaya Launching ETLE Mobile dan 2 Aplikasi Pelayanan

BIMATA.ID JAKARTA Ditlantas Polda Metro Jaya melaunching 11 ETLE Mobile serta dua aplikasi pendukung pelayanan publik lainnya, yaitu Info Laka dan Polantas Smart, Selasa (13/12/2022).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berharap optimis inovasi-inovasi Ditlantas Polda Metro Jaya ini dapat mewujudkan DKI Jakarta yang beradab.

Dengan adanya ETLE mobile dapat memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum yang adil di jalan raya, dikawasan yang tidak dipasang ETLE Statis.

“Data bukti pelanggaran juga terarsip dalam database ETLE Mobile Nasional yang nantinya akan memberikan kemudahan untuk penyidik dalam menyediakan bukti,” ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Selasa (13/12/2022).

Dikesempatan yang sama Fadil menjelaskan, ETLE Mobile merupakan sebuah mobil yang dilengkapi dengan kamera ETLE. Kamera tersebut nantinya digunakan untuk menindak pelanggar lalu lintas di jalan, tanpa bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam peluncuran saat ini Polda Metro Jaya baru mempunyai 11 Mobil ETLE. Namun, nanti di awal tahun 2023 akan bertambah 60 mobile.

Untuk aplikasi Info Laka, KapoldaFadil menjelaskan, adanya aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui tindak lanjut terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

“Selama ini korban atau masyarakat yang terlibat, yang datang ke kantor polisi. Sekarang, dari rumah masyarakat bisa berkomunikasi dengan petugas dan mendapat update tentang perkembangan penyidikan laka lantas,” paparnya.

Sedangkan dengan adanya aplikasi Polantas Smart, lanjut Fadil, polisi lalu lintas (Polantas) tidak lagi sekedar mengembangkan fungsi-fungsi lalu lintas di kantornya. Tetapi, juga dapat melakukan fungsi edukasi sebagai fungsi pemecahanan masalah.

“Dia tidak sekedar mengembangkan fungsi-fungsi lalu lintas di kantornya, tetapi juga bisa memberikan edukasi. Bisa memberikan informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan kepolisian,” paparnya.

Bukan hanya melalui aplikasi, Polantas Smart juga akan menjemput bola, mendekatkan diri ke masyarakat, untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan smart.

(Wahyu Widodo)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close