Berita

BPBD Jakarta : Pergerakan Tanah Bisa Timbulkan Korban Jiwa

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan, bahwa pergerakan tanah dapat berpotensi menimbulkan korban jiwa. Namun untuk saat ini belum ada kejadian yang mengakibatkan korban.

“Bisa berpotensi menimbulkan korban jiwa, namun hingga saat ini belum,” katanya, Kamis (15/12/2022).

Menurut pihaknya, pergerakan tanah dapat menimbulkan bencana yang kemungkinan lebih besar. Salah satunya berdampak pada terjadinya tanah longsor di Jakarta.

“Pergerakan tanah ini berpotensi untuk berdampak pada terjadinya tanah longsor di daerah rawan. Namun, hingga saat ini, belum ada kejadian tanah longsor di Jakarta pada bulan Desember 2022,” ucapnya.

Meskipun demikian, BPBD DKI telah melakukan berbagai upaya antisipasi terkait pergerakan tanah, termasuk memberikan informasi peringatan dini pergerakan tanah yang bersumber dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM RI melalui website bpbd.jakarta.go.id dan media sosial BPBD DKI, sebagai langkah kesiapsiagaan bagi masyarakat.

“Kemudian melakukan koordinasi dengan aparat kewilayahan seperti lurah dan camat untuk memantau titik-titik yang rawan longsor, bersama dengan Tim Reaksi Cepat BPBD DKI,” jelasnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close