Umum

MotoGP 2023 Dimulai Hari Ini

BIMATA.ID, JAKARTA – Rangkaian MotoGP musim 2023 dimulai hari ini. Bukan balapan utamanya, tapi para rider akan menguji motor-motor balapnya untuk digunakan pada musim 2023.

Para pebalap MotoGP akan melakukan Official Test Valencia. Di sana, beberapa pebalap MotoGP sudah memakai seragam dan naik tunggangan baru setelah menandatangani kontrak dengan timnya.  Selasa (8/11/2022)

Dalam rangkaian tes kali ini, para tim balap akan mengeluarkan berbagai peningkatan untuk mesin 2023 mereka. Diperkirakan akan ada banyak inovasi yang hadir di motor MotoGP untuk tahun depan.

Terlepas dari sisi teknologi, kita bisa melihat seragam baru yang akan dikenakan beberapa pebalap MotoGP. Seperti Jack Miller yang akan berseragam oranye setelah bergabung dengan KTM. Mulai hari ini, Miller akan menggeber motor KTM RC16.

Miller bukan satu-satunya pembalap yang masuk ke pabrikan Austria itu. Juara Dunia Moto2, Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo), akan memulai debutnya di mesin MotoGP dengan Tim Balap Pabrik GASGAS, sementara Pol Espargaro akan kembali mengendarai KTM RC16 setelah pindah dari Repsol Honda.

Honda juga akan menyambut mantan pebalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins. Joan Mir bakal mengendarai RC213V pabrikan bersama Marc Marquez di Tim Repsol Honda. Sementara Alex Rins akan berseragam LCR Honda Idemitsu bersama Takaaki Nakagami.

“Ini akan menjadi pengujian penting lainnya bagi pabrikan Jepang (Honda) karena mereka terus merombak motor mereka dalam upaya memberikan paket yang lebih kompetitif di tahun 2023,” tulis MotoGP di situs resminya.

Aprilia juga akan melakukan gebrakan. Pabrikan Italia itu menyambut tim satelit pertamanya dengan Miguel Oliveira dan Raul Fernandes yang menjadi pebalapnya.

Ducati pun tak bisa disepelekan. Enea Bastianini akan menjadi rekan setim sang Juara Dunia MotoGP 2022 Francesco ‘Pecco’ Bagnaia di tim pabrikan Ducati. Posisi Enea Bastianini di Gresini Racing akan digantikan oleh Alex Marquez.

Sedangkan di kubu Yamaha, masih mempertahankan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Rider tim Pramac Racing dan VR46 Racing Team juga sama seperti musim 2022.

(ZM)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close