Berita

Legislator Gerindra Minta Mendag Membongkar Data Oknum yang Kendalikan Terigu Kedelai dan Minyak Goreng

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Repubil Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meminta kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk menjelaskan adanya oknum yang pengendali terigu, kedelai, dan minyak goreng di Tanah Air. Hal tersebut dikatakan mendag saat acara forum akademik di Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah.

“Sebagai anggota Komisi VI, mitra kerja Menteri Perdagangan, saya meminta Pak Zulkifli Hasan tegas membongkar data pengendali terigu, kedelai, dan minyak goreng. Jangan ditutup-tutupi, Pak. Ini penting karena tiga bahan pokok tersebut menyangkut hajat hidup 270 juta rakyat Indonesia,” katanya, Kamis (03/11/2022).

Legislator Gerindra asal Sumatra Barat (Sumbar) itu juga mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) harus belajar dari pengalaman pahit lantaran gagal mengendalikan harga minyak goreng. dan  meminta Zulhas tidak menutupi data oknum pengendali pangan tersebut.

“Kita harus belajar dari persoalan minyak goreng yang beberapa waktu lalu menjadi isu sensitif bagi masyarakat. Kita melihat bagaimana oligarki melawan kebijakan pemerintah terkait minyak goreng. Saya mendengar Bapak mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengendalikan harga bahan pangan, makanya Bapak harus tegas,” ucapnya.

Diberitakan Sebelumnya mendag Zulhas menyebut kedelai dan terigu di Indonesia dikendalikan oleh masing-masing satu orang. Sementara, minyak goreng dikendalikan oleh 7 orang, serta berjanji akan membongkar masalah tersebut. Zulhas tak mengungkap siapa saja orang-orang yang mengendalikan komoditas itu.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close