NasionalPolitik

Hasil Survey LSN: 33,5% Milenial Pilih Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga Survei Nasional (LSN) mencatat pilihan responden milenial terhadap calon presiden. Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, adalah sosok yang paling banyak dipilih di antara responden milenial dalam survei LSN.

Survei LSN dilakukan melalui wawancara telepon di 34 provinsi di Indonesia dari 29 Oktober hingga 2 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia minimal 17 tahun, dan e-KTP sebanyak 1.230 responden diperoleh dengan teknik systematic random sampling. Margin of error 2,79%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Distribusi responden (sampel) berdasarkan usia yang diperoleh LSN melalui survei ini dikatakan tidak berbeda jauh dengan distribusi penduduk Indonesia berdasarkan usia yang dipublikasikan oleh BPS tahun 2021. Selisih terbesar untuk kelompok usia 65 tahun ke atas hanya 1,9% (masih di bawah Kemendiknas 2,79%).

Survei LSN menemukan bahwa 33,5% responden milenial mengatakan akan memilih Prabowo Subianto, diikuti oleh Anies sebesar 21,8% dan Ganjar sebesar 18,2%. Menurut situs BPS, milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1996.

“Berdasarkan analisis cross-tabulasi dari hasil survei LSN, ternyata generasi milenial yang merupakan kelompok pemilih rasional (rational voters) cenderung menjatuhkan pilihan pada Prabowo ketimbang pada Ganjar maupun Anies,” kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/11/2022).

“Sebanyak 33,5% responden yang masuk kategori generasi milenial mengaku akan memilih Prabowo jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini,” sambungnya.

Sementara itu, pemilih pemula juga diberi pertanyaan, “Jika ada pemilihan presiden (Pilpres), siapa yang akan Anda pilih dari nomor-nomor berikut?”

Hasil:
1. Prabowo Subianto 36,7%
2. Hadiahi Pranovo 21,9%
3. Anies Baswedan 18,5%
4. Tidak tahu/angka lain 22,9%

“Berdasarkan temuan LSN, sebanyak 36,7% responden yang termasuk dalam kategori pemilih pemula menjatuhkan pilihannya pada Prabowo Subianto seandainya (Pilpres) dilaksanakan saat ini,” tuturnya.

(akm)

Tulisan terkait

Bimata
Close