BeritaInternasional

Elon Musk Beri Ultimatum Karyawan Twitter, Bekerja Lembur atau Keluar

BIMATA.ID, Jakarta- Elon Musk telah memberi tahu para karyawan Twitter bahwa mereka harus berkomitmen untuk bekerja lembur dengan intensitas tinggi atau meninggalkan perusahaan.

Pemilik baru Twitter itu menyampaikan melalui email kepada para karyawan bahwa mereka harus menyetujui janji tersebut jika memang masih ingin tetap bekerja, dikutip dari BBC dari Washington Post, Kamis (17/11/2022).

“Buat mereka yang tidak menyetujuinya pada hari Kamis (waktu setempat) perusahaan akan diberikan uang pesangon tiga bulan,” kata Elon Musk.

BBC telah menghubungi Twitter untuk memberikan komentar.

Dalam emailnya kepada staf, juga dilihat oleh The Guardian, Musk mengatakan bahwa Twitter “akan harus sangat keras” untuk berhasil.

“Ini berarti bekerja berjam-jam dengan intensitas tinggi. Hanya kinerja luar biasa yang akan menjadi nilai kelulusan,” katanya.

Para karyawan diberi tahu bahwa mereka harus mengklik tautan pada pukul 17:00 EST pada Kamis, jika mereka ingin menjadi “bagian dari Twitter baru”.

“Apa pun keputusan yang Anda buat, terima kasih atas upaya Anda untuk membuat Twitter sukses,” tambah Musk.

Orang terkaya di dunia itu telah mengumumkan setengah dari staf Twitter diberhentikan belum lama ini, setelah dia membeli perusahaan tersebut dalam kesepakatan 44 miliar Dolar AS.

Elon Musk mengatakan, dia “tidak punya pilihan” atas pemotongan tersebut karena perusahaan merugi 4 juta Dolar AS sehari.

Dia menyalahkan “kelompok aktivis menekan pengiklan” menyebabkan “penurunan pendapatan besar-besaran”.

Pekan lalu, pengusaha mengatakan kepada staf Twitter bahwa kerja jarak jauh akan berakhir dan “masa-masa sulit” ada di depan, menurut laporan.

Dalam email ke staf, pemilik perusahaan media sosial itu mengatakan, para pekerja diharapkan berada di kantor setidaknya selama 40 jam seminggu, Bloomberg melaporkan.

Musk menambahkan bahwa ekonomi global yang melambat akan memukul pendapatan iklan Twitter.

Tetapi investor teknologi Sarah Kunst mengatakan, alasan sebenarnya Twitter menghadapi kesulitan adalah karena pengambilalihan Musk telah membebani perusahaan dengan utang.

Perilakunya sejak pengambilalihan juga menyebabkan beberapa pengiklan menghentikan pengeluaran mereka, katanya.

“Dia sekarang mencoba menimbulkan rasa sakit dan ketidakpastian itu pada karyawan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa ada tanda tanya tentang seberapa efektif email Musk tentang jam kerja untuk staf sebenarnya.

“Bisakah Anda mengirim email ke staf yang sudah bekerja untuk Anda, dan secara sepihak mengubah kontrak kerja mereka? Itu masih harus dilihat,” tambahnya.

Musk sendiri telah tidur di Twitter dalam beberapa minggu terakhir, bahkan saat memimpin pembuat mobil listrik Tesla dan perusahaan roket SpaceX.

Dia kemudian menambahkan bahwa “restrukturisasi organisasi mendasar” di Twitter akan selesai pada akhir minggu ini.

Dan Ives, seorang analis ekuitas senior di Wedbush Securities, memperingatkan itu adalah bukti lebih lanjut bahwa budaya Twitter telah “berubah secara dramatis” dengan Elon Musk yang memimpin.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close