Berita

BMKG Minta Sejumlah Wilayah Waspada Gelombang Setinggi Enam Meter

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo, memperingatkan akan adanya potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan, serta meminta para nelayan dan operator kapal mewaspadai potensi gelombang setinggi 1,25 hingga 6 meter selama 18-19 November 2022.

“Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” katanya, Jumat (18/11/2022).

Pihaknya juga mengatakan, kemunculan gelombang tinggi dipicu oleh pola dan kecepatan angin. Di wilayah Indonesia bagian utara angin dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 8 sampai 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan angin dominan bergerak dari barat daya-barat dengan kecepatan 10 sampai 25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Lampung, perairan Banten, perairan selatan Jawa Barat, Selat Makassar bagian utara serta Laut Sulawesi bagian barat,” ucapnya.

Eko juga mengimbau seluruh nelayan pengguna perahu serta operator kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo, dan kapal pesiar mewaspadai dampak gelombang tinggi.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close