BeritaInternasionalSains & Tek

Siap-Siap, Akun Twitter Centang Biru Bakal Ditarik Biaya Langganan

BIMATA.ID, Jakarta- Setelah resmi dimiliki Elon Musk, Twitter akan mengubah aturan proses verifikasi akun untuk mendapat tanda centang biru. Selain itu, muncul kabar bahwa akun-akun bercentang biru ini nantinya akan ditarik biaya langganan.

Seluruh proses verifikasi sedang diubah sekarang,” cuit Elon Musk, dikutip dari Antara, Senin waktu setempat.

Elon Musk tidak menjelaskan seperti apa perubahan yang akan diterapkan pada verifikasi akun resmi. Buletin teknologi Platformer, mengutip dua orang yang dekat dengan isu tersebut, melaporkan bahwa Twitter akan menarik ongkos dari akun yang memiliki centang biru.

Pengguna harus berlangganan Twitter Blue seharga 4,99 dolar Amerika Serikat per bulan atau akan kehilangan tanda akun resmi, jika rencana itu berlanjut, menurut laporan dari Platformer.

Elon Musk belum memberikan keputusan soal verifikasi akun dan rencana itu masih mungkin dihapus. Platformer meyakini proses verifikasi akan menjadi bagian dari Twitter Blue.

Twitter Blue diluncurkan pada Juni 2021, yaitu layanan berlangganan untuk sejumlah fitur premium, salah satunya untuk menyunting cuitan.

Fitur itu diterapkan beberapa waktu lalu, setelah Musk mengadakan jajak pendapat pada April kepada para pengikutnya, apakah mereka mengingikan tombol sunting. Lebih dari 70 persen responden menjawab ya.

Musk juga meminta supaya pengguna yang tidak masuk ke akun Twitter diarahkan ke laman Explore, yang berisi cuitan yang sedang populer, menurut laporan The Verge.

Elon Musk menjadi pemilik baru Twitter usai melakukan proses akuisisi. Ia telah resmi menjadi pemilik tunggal Twitter yang baru usai menuntaskan akuisisi membayar sebesar 44 milyar dollar atau setara dengan 683,3 triliun rupiah.

Penuntasan pembelian Twitter ini dilakukan di hari Kamis (27/10/2022) waktu AS atau Jumat (28/10/2022) waktu Indonesia. Setelah resmi menjadi pemilik Twitter yang baru, Musk langsung memecat besar-besaran para petinggi Twitter yang lama termasuk CEO Twitter sebelumnya, Parag Agrawal.

Pemecatan CEO Parag Agrawal sejatinya bukanlah hal yang mengejutkan, pasalnya Musk dan Parag sebelumnya sudah sering berdebat terkait masalah Musk yang ingin membeli Twitter. Tentang jumlah akun bot sampai moderasi konten, Musk merasa tak cocok dan langsung memecat Parag usai berhasil mendapatkan Twitter atas namanya.

Setelah mendapatkan hak menguasai Twitter, Elon Musk mengatakan akan membuat salah satu aplikasi sosial media yang hits ini menjadi lebih terbuka soal kebebasan bicara. Vijaya Gadde yang saat itu bertugas sebagai Head of Legal Policy, Trust, and Safety yang menyaring konten bermasalah dan membuat keputusan penting mungkin dianggap penghalang oleh Musk atas rencananya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close