Berita

BPBA Mencatat 18.160 Orang Terdampak Bencana Banjir

BIMATA.ID, Banda Aceh – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, bencana banjir yang melanda bagian wilayah Kabupaten Aceh Utara di Provinsi Aceh sejak Selasa, (04/10) telah memaksa 5.104 keluarga yang terdiri atas 18.160 orang mengungsi.

“Sementara, total korban mengungsi yang terdata sebanyak 18.160 jiwa dan tidak ada korban jiwa,” katanya, Kamis (06/10/2022).

Pihaknya juga mengatakan bahwa bencana banjir secara keseluruhan berdampak pada  6.667 keluarga yang terdiri atas 22.535 jiwa dan di antaranya ada 5.104 keluarga yang terdiri atas 18.160 orang yang harus mengungsi.

“Banjir melanda desa-desa di 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Utara Banjir juga melanda tujuh desa di Kecamatan Paya Bakong, 15 desa di Kecamatan Lhoksukon, 25 desa di Kecamatan Matangkuli, 23 desa di Kecamatan Pirak Timu, delapan desa di Kecamatan Samudera, dan dua desa di Kecamatan Cot Girek,”ucapnya.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk menangani dampak banjir serta mendata korban dan kerusakan akibat banjir.

“Kondisi terakhir, di sebagian lokasi air mulai surut,” jelasnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa wilayah Provinsi Aceh sudah memasuki musim penghujan dan minta warga waspadai kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor saat hujan deras turun.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close