Berita

Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Lakukan Operasi Pasar untuk Pantau Harga Bahan Pokok

BIMATA.ID, Yogyakarta – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Syam Arjayanti mengatakan, tengah menyiapkan operasi pasar kebutuhan pokok dalam waktu dekat.Hal itu bertujuan menjaga inflasi yang ditimbulkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Kami rencanakan bulan September ini (operasi pasar digelar),” katanya, Selasa (13/09/2022).

Pihaknya mengatakan instansinya akan bermitra dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY serta sejumlah distributor barang untuk operasi pasar dengan menjual harga barang lebih murah.

“Kami bekerja sama dengan distributor-distributor besar untuk pelaksanaan itu supaya harganya di bawah harga pasar, tapi nanti bentuknya paket yang harganya masih dibahas,” ucapnya.

Berdasakan hasil pemantauan institusinya di tiga pasar tradisional di Kota Yogyakarta yakni di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Demangan pada 12 September 2022, harga cabai merah keriting rata-rata dijual Rp59 ribu per kilogram atau turun dari sebelumnya mencapai Rp76 ribu per kilogram.

Sementara cabai merah besar dari sebelumnya Rp66 ribu per kiloram menjadi Rp58 ribu per kiloram serta cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp46.500 per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram. Adapun cabai rawit merah dari sebelumnya Rp49 ribu per kilogram menjadi Rp47 ribu per kilogram.

“Kami juga akan bekerja sama dengan PKK untuk menggiatkan kembali gerakan pemanfaatan tanaman pangan di pekarangan rumah,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close