BeritaNasionalPolitik

PAN Punya Cawapres Baru Selain Erick Thohir

BIMATA.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mengungkap di internal partainya ada nama baru yang muncul sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024. Yakni, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Menurutnya, selama ini PAN tengah mendorong beberapa nama seperti Menteri BUMN, Erick Thohir untuk dimajukan sebagai cawapres 2024.

Namun, belakangan terdapat perkembangan di internal PAN yang mengusulkan agar tokoh Muhammadiyah diusung menjadi cawapres.

Baca juga: Eks Mentan RI Nilai Prabowo Subianto Sosok Pemimpin Berkompeten

“Dalam hal ini, Pak Muhadjir karena dikenal sebagai orang berpengalaman, sudah memimpin perguruan tinggi puluhan tahun, pernah jadi Mendikbud, kemudian jadi Menteri PMK, itu dianggap sosok berpengalaman dibanding calon lainnya. Kan Muhadjir memiliki kelebihan,” kata Saleh kepada wartawan, Selasa (18/7/2023).

Sambungnya, munculnya nama Muhadjir di internal PAN, merupakan hal yang masuk akal. Sebab, di internal PAN banyak kader Muhammadiyah.

“Jadi kader Muhammadiyah di seluruh Indonesia mengeluarkan nama Muhadjir, harapannya Pak Muhadjir menghitung sebagai bagian dari calon wakil presiden,” ujarnya.

Lihat juga: Prabowo-Susi Pudjiastuti Kunjungi Nelayan di Pangandaran, Tegaskan Komitmen Kesejahteraan Nelayan

Saleh menjelaskan bahwa partainya dengan Muhammadiyah memiliki hubungan historis, dan ideologis.

“Bagaimanapun ide dan gagasan mengenai kelahiran PAN merupakan bagian dari ijtihad politik Muhammadiyah,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close