Berita

Kemenkes Pesan Dua Ribu Dosis Vaksin Cacar Monyet Asal Denmark

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyatakan pemerintah telah memesan sebanyak dua ribu dosis vaksin cacar monyet atau Monkeypox dari bioteknologi yang berfokus pada pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin untuk penyakit menular dan imunoterapi kanker yang manufakturnya berfokus di Denmark.

“Dari segi vaksinasi, kita sudah memesan vaksinnya dua ribu dosis dari Bavarian Nordic dibantu dengan KBRI Denmark karena ada vaksin Monkeypox di sana,” kata Menteri Budi Gunadi Sadikin, Selasa (30/08/2022).

Pihaknya  juga mengungkapkan vaksin cacar monyet masih terbatas lantaran Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini belum mengeluarkan rekomendasi vaksinasi massal seperti vaksinasi untuk meminimalisir penularan virus corona (Covid-19).

“Sudah ada dua atau tiga negara yang melakukan vaksinasi cacar monyet kepada warganya, Vaksin cacar monyet yang akan diadakan di Indonesia juga harus mendapatkan rekomendasi penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ucapnya.

Berdasarkan data terkini, lanjutnya, dari 48.227 ribu kasus konfirmasi cacar monyet di dunia, setidaknya 13 orang yang tercatat meninggal dunia pasca terinfeksi. Dengan demikian, fatality rate atau tingkat kasus kematian cacar monyet menurutnya sangat rendah atau berkisar 0,02 persen.

“Kematian rendah sekali karena dia menyerang kulit, 13 kematian rendah sekitar 0,02 persen dan kematian bukan karena virus cacar monyetnya tapi karena secondary infection,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close