BeritaHukum

Kembali Anarkis, KKB Papua Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya Warga Sipil di Intan Jaya

BIMATA.ID, Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali melakukan aksi anarkis. Mereka membakar sekolah satu atap SD-SMP di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, Rabu, 30 Maret 2022.

“Mereka tidak hanya membakar gedung sekolah, mereka juga melakukan penganiayaan terhadap dua warga sipil. Salah satunya, adalah guru di sekolah yang mereka bakar,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangan tertulis, Kamis (31/03/2022).

Lebih lanjut, Kombes Pol Kamal menerangkan, aksi tersebut dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya. Peristiwa berawal saat anggota melihat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa sekitar pukul 17.50 WIT.

Kemudian, anggota melakukan penyelidikan, dan diketahui KKB membakar gedung sekolah satu atap Hitadipa. Berdasarkan keterangan saksi, pukul 16.30 WIT puluhan Anggota KKB masuk ke dalam Kampung Hitadipa dan membakar gedung sekolah satu atap YPPGI-SMP N 2 Hitadipa.

Setelah melakukan pembakaran, mereka melakukan penganiayaan. Lalu, gerombolan KKB melarikan diri keluar dari Kampung Hitadipa.

“Anggota TNI-Polri di Intan Jaya telah menyekat jalur KKB untuk masuk ke Kota Sugapa, dan juga melakukan pengamanan di sekitaran objek vital,” katanya.

Pembakaran gedung sekolah dan penganiayaan guru itu terjadi usai polisi menembak mati satu Anggota KKB, Toni Tabuni (24), di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Selasa, 29 Maret 2022. Toni ditembak mati karena melakukan perlawanan kepada petugas saat hendak ditangkap.

Toni terlibat dalam sembilan aksi kejahatan di Bumi Cenderawasih. Salah satunya, berperan dalam aksi penembakan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Alm Letjen (P) I Gusti Putu Dani Nugraha, di Distrik Beoga, pada 25 April 2021.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close