BeritaPolitik

PDIP Ingin Masa Kampanye Pemilu 2024 Tidak Terlalu Panjang

BIMATA.ID, Jakarta – Jadwal pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 sudah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Saat ini, salah satu poin yang menjadi perhatian adalah perihal durasi masa kampanye.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyampaikan, pihaknya menyetujui apabila masa kampanye dibuat tidak terlalu Panjang, seperti Pemilu 1999 dan 2004.

“Ini kan masih di masa pandemi. Masa kampanye yang panjang hanya membuang-buang biaya, menciptakan risiko-risiko politik yang tidak perlu,” ucapnya, Kamis (27/01/2022).

Ia menyebutkan, untuk Pemilu dipersiapkan dalam periode lima tahunan. Dan sehari pasca Pemilu sudah kembali menyiapkan Pemilu untuk lima tahun yang akan datang.

“Sehingga, masa kampanye tidak menentukan kualitas dari calon. Jadi, kampanye itu untuk menyampaikan gagasan-gagasan besar dari partai politik dan juga calon presiden dan calon wakil presiden,” terang Hasto.

Lebih lanjut, imbuh Hasto, PDIP tidak masalah dengan gagasan yang disampaikan untuk mengikuti masa kampanye seperti Pemilu 1999 dan 2004.

“Jadi, kalau ada hal yang baik di Pemilu 1999 dan 2004, kenapa itu tidak kita terapkan untuk 2024 yang akan datang. Karena, dengan waktu kampanye yang dipersingkat akan menghemat biaya juga, dan kita akan fokus membantu rakyat menghadapi pandemi,” imbuhnya.

Terkait konsolidasi pemenangan apabila masa kampanye dipersingkat, ia mengungkapkan, persiapan Pemilu bukan baru dilaksanakan hanya saat mendekati masa kampanye, melainkan sudah jauh-jauh hari sebelumnya.

“Konsolidasi tidak hanya menjelang Pemilu. Kita kemarin misalnya, melakukan penghijauan itu bagian dari konsolidasi. Jadi, salah besar kalau mengatakan PDI Perjuangan hadir pada saat masa-masa kampanye. Kami hadir itu dalam keseharian partai itu turun bersama dengan rakyat,” ungkap Hasto.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close