Umum

Survei TBRC: Ketua DPD Gerindra Jateng Yakini Mampu Bawa Perubahan Ekonomi Jateng

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga survei Timur Barat Research Center (TBRC) kembali mengadakan jajak pendapat untuk mengukur peta kekuatan elektoral para tokoh bakal calon Gubernur Jawa Tengah (Bacagub Jateng) pada Pilkada 2024.

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo menyampaikan, pada survei itu ada 1.688 responden yang ditanyakan tokoh mana yang paling pantas untuk memimpin Provinsi Jateng.

“Pada pertanyaan secara terbuka nama Hendrar Prihadi dipilih sebanyak 21,4 persen dan diurutan kedua nama Sudaryono dipilih dengan tingkat keterpilihan 20,1 persen,” kata Johanes Romeo dalam siaran persnya, Jumat (03/05/2024).

Baca juga: Prabowo Ajak Kelompok Buruh Berjuang Wujudkan Indonesia Emas

Diketahui, survei TBRC tersebut digelar pada 10 – 21 April 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.688 yang tersebar secara proporsional di 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Selain itu, dengan menggunakan simulasi tertutup menggunakan kuesioner terhadap nama nama tokoh Cagub yang ambil dari metadata survei sebelum dan diberikan pada 1.688 responden.

Terkait hal itu, Johanes menilai, sosok Gubernur yang mudah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan ini ada pada Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono, menurutnya sangat dekat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Lihat juga: TKN : Hubungan Prabowo Gibran Dengan Relawan Tetap Berjalan Baik

Kemudian, adapun Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai, bahwa unggulnya Sudaryono karena adanya citra positif sebagai anak muda yang memiliki pengalaman dalam politik dan ekonomi.

“Ya pastinya adanya citra positif dari Sudaryono sebagai dan anak muda Jawa Tengah yang memiliki pengalaman dalam politik dan ekonomi yang diyakini warga Jateng juga menjadi faktor naiknya elektabilitas politikus Gerindra,” ujar Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto.

Tak hanya itu, menangnya Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 menjadi kesempatan Sudaryono untuk meraup suara yang cukup tinggi dari para pemilih di Jawa Tengah.

Simak juga: Ngaku Diajak Koalisi, PKB Pede Dapat Kursi Menteri dari Prabowo

“Kemenangan Prabowo-Gibran di pilpres 2024 menjadi kesempatan Sudaryono untuk meraup suara yang cukup tinggi dari para pemilih di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, apabila Pilgub Jawa Tengah digelar hari ini maka hasilnya Hendrar Prihadi dipilih sebanyak 23,9 persen, dan di urutan kedua Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono meraih tingkat keterpilihan sebanyak 22,7 persen, adapun wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dipilih sebanyak 11,1 persen. Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul dipilih sebanyak 10,7, Muhammad Yusuf Chudlori 9,2 persen, Dico Ganinduto (Bupati Kendal 2019-2024) dipilih sebanyak 6,1 persen, FX Hadi Rudyatmo 5,3 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close