BeritaEkonomiNasional

Wamen BUMN Janjikan Persoalan BUMN Akan Rampung hingga Oktober

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjanjikan persoalan pada BUMN bakal rampung sebelum Oktober 2024 atau menjelang masa pemerintahan baru Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal itu, Wakil Menteri (Wamen) BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menekankan bahwa transformasi struktural dan restrukturisasi terhadap 12 klaster BUMN terus digelar, demi menjamin terjaganya kesehatan dan upaya keberlanjutan di setiap BUMN.

“Kita harapkan 12 klaster ini menjadi engine, bagaimana konsolidasi ke depan bisa memastikan BUMN sehat dan tidak terjadi lagi seperti Jiwasraya, Garuda, dan sebagainya,” kata Tiko dalam diskusi Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024: Penguatan Kontribusi BUMN Untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan di Raffless Hotel, bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (30/04/2024).

Baca juga: Budi Arie Benarkan Alasan Prabowo Batal Dampingi Presiden Jokowi

Namun, Tiko mengakui masih ada segelintir klaster BUMN yang masih dalam fase pembenahan, seperti beberapa BUMN di klaster Karya dan klaster Farmasi. Dua klaster ini akan menjadi bagian akhir dari upaya restrukturisasi masif yang telah berlangsung selama 2-3 tahun belakangan.

“BUMN Karya, seperti Waskita, Wika sedang dalam proses penyelesaian. BUMN Farmasi juga ada tantangan, seperti Kimia Farma dan Indofarma, juga akan kita selesaikan. Harapannya, di periode [Menteri BUMN] Erick Thohir pada akhir Oktober ini semua restructuring BUMN selesai, dan kita tidak meninggalkan permasalahan lagi pada masa yang akan datang,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close