BeritaEkonomiNasional

BRI Dorong Tingkatkan Sosialisasi Hak dan Kewajiban Nasabah PNM Mekaar

BIMATA.ID, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) selaku induk dari holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ultra mikro mendorong peningkatan sosialisasi kepada nasabah PNM Mekaar.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari menjelaskan, hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya peristiwa seperti nasabah mengamuk kepada penagih angsuran kredit nasabah PNM Mekaar atau Account Officer (AO).

“Spektrum kerentanan terhadap faktor-faktor yang terkait dengan kerentanan ekonomi itu di ultra mikro sangat lebar. Nah, kebetulan teman-teman di PNM Mekaar itu memang paling bawah, paling rentan,” ujar Direktur Bisnis Mikro BRI , Supari pada saat konferensi pers di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (30/04/2024).

Baca juga: Budi Arie Benarkan Alasan Prabowo Batal Dampingi Presiden Jokowi

Menurutnya, kerentanan ekonomi akan menjadi pemicu terjadinya peristiwa seperti yang ramai di media sosial. Antara lain saat seorang nasabah melemparkan piring kepada AO di Lamongan dan nasabah yang mengacungkan parang kepada AO di Sumatera Barat.

“Apa yang kita akan kerjakan, walaupun ini hal kecil, kami ini terus-menerus menjadi ruang perbaikan kami. Pemberdayaan yang terus kita tingkatkan untuk semakin memahami hak dan kewajiban, kita sampaikan,” ungkapnya.

Selain itu, holding ultra mikro juga membekali para AO, dan mantri untuk mengedepankan empati saat melakukan proses penagihan.

Lihat juga: Prabowo Siap Gaspol Lanjutkan Program Hilirisasi Jokowi

“Harapannya dua pihak bisa mengambil jalan tengah dan nanti timbul solusi. Entah solusinya direstrukturisasi, diringankan, dan seterusnya. Ini semua akan ada dalam pemberdayaan,” tandasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close