BeritaPolitik

Pengamat : Anies Mulai ditinggalkan Oleh Partai Pendukungnya

BIMATA.ID, Jakarta – Pengamat politik Universitas Andalas Padang Asrinaldi menilai ada kesan bahwa Anies Baswedan mulai ditinggalkan oleh partai pendukungnya setelah kalah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Publik mungkin melihat seperti itu artinya pilpres selesai, jadi Anies tidak dianggap lagi dalam tanda kutip ya,” kata Asrinaldi, Kamis (25/04/2024).

Dia menuturkan, Anies sedari awal memang bukanlah ketua umum ataupun kader dari partai tertentu, melainkan hanya tokoh atau figur yang diusung.

Narasi perubahan yang dibawa Anies selama kampanye pemilu pun mendapat dukungan dari partai NasDem, PKB dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Baca Juga : Prabowo Terima Telepon Menhan AS Usai Ditetapkan Presiden Terpilih, Beri Selamat Menang Pilpres

Namun setelah pemilu selesai dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenangnya, maka partai-partai di belakang Anies yang mempunyai kepentingan politik pun langsung pindah haluan mendukung Prabowo-Gibran.

Menurutnya, pihak PKB dan NasDem harus mendengarkan dan mempertimbangkan saran dari Anies sebelum berpindah haluan seperti itu.

“Secara etis harus didiskusikan dengan Anies karena Anies kan bagaimana pun bukan hanya sekadar kendaraan ataupun sekadar figur yang diusulkan atau diusung saja, tapi simbol perubahan-lah yang dikampanyekan,” tuturnya.

Selain itu, NasDem selaku salah satu partai yang paling awal mengusung Anies harus tetap membina mantan gubernur DKI Jakarta itu, karena kekalahan Anies saat ini dinilai Asrinaldi bisa menjadi modal utama untuk bertarung kembali di Pilpres 2029.

Simak Juga : Prabowo Doakan Timnas Indonesia Menang vs Timnas Korsel di Piala Asia 2024

Selain itu, dia juga menilai Anies harus memiliki partai sendiri untuk dijadikan kendaraan politik jika ingin kembali mencalonkan diri sebagai capres di 2029.

“Karena biar bagaimanapun 2029 itu, Anies masih punya potensi dan Surya Paloh harus merawat itu,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close