BeritaNasional

MenpanRB : Peningkatan Kualitas ASN di Kemenhub, Layanan Transportasi Kian Berdampak Pada Masyarakat

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mendukung peningkatan kualitas aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Perhubungan, apalagi kinerja layanan transportasi kian berdampak pada masyarakat.

Pengembangan ASN itu salah satunya terkait dengan inspektur perhubungan udara serta peningkatan kapasitas SDM yang bertugas pada perhubungan laut.

“Kami mendukung upaya percepatan SDM inspektur perhubungan udara terkait dengan rencana pemeriksaan International Civil Aviation Organization (ICAO),” kata Anas, dikutip dari antara, Kamis (25/04/2024).

Baca Juga : Jokowi Dukung Inisiatif Prabowo Gibran Rangkul Seluruh Komponen Bangsa

Selain itu, dirinya juga mendukung adanya pengembangan kapasitas SDM perhubungan laut dengan experience learning.

Pengembangan kompetensi ASN menjadi salah satu agenda transformasi dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Anas menjelaskan pola pengembangan kompetensi ASN yang tidak lagi klasikal seperti penataran.

Pola pengembangan kualitas itu mengutamakan experiential learning seperti magang, on the job training, yang semuanya menjadi bagian dari upaya meningkatkan kapasitas ASN.

“Terkait dengan experiential learning yang ada di perhubungan laut, targetnya adalah pelaut-pelaut kita ke depannya lebih andal dan kita sedang minta dilakukan upaya percepatan,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu, mantan Bupati Banyuwangi itu menyerahkan izin prinsip formasi ASN kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Simak Juga : Pengamat Ungkap Koalisi Besar Tujuan Muluskan Pemerintahan Prabowo

Usulan formasi ASN Kemenhub sebesar 18.017 formasi disetujui seluruhnya oleh Kementerian PANRB.

Formasi yang ditetapkan itu diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas serta pemerataan aksesibilitas pelayanan sektor transportasi di Indonesia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close