BeritaPolitikRegional

Menag Minta Agama Tak Dijadikan Politik

BIMATA.ID, Solo – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas meminta agar agama tidak dijadikan sebagai alat untuk berpolitik.

“Agama jangan digunakan sebagai alat untuk merebut kekuasaan, jangan jadikan agama sebagai alat politik,” katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (06/10/2023).

Apalagi, pada saat ini sudah masuk di tahun politik di mana pada tahun depan akan terlaksana pemilu serentak. Ia mengatakan pemilihan umum hanya sebuah mekanisme untuk menentukan atau mencari siapa yang memimpin bangsa.

Baca juga: 1200 Jaringan Alumni HMI Akan Deklarasikan Dukungan untuk Prabowo Subianto

“Ini hanya mekanisme, ini bukan peperangan, bukan sebuah pertarungan hidup mati yang harus ada korban tapi hanya sebuah mekanisme untuk menentukan siapa pemimpin yang akan menahkodai negeri besar yang bernama Indonesia ini,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap sebagai umat beragama, maka seluruh warga Indonesia harus menjaga suasana kondusif dengan menjadi agen dan aktor yang menjaga kedamaian pelaksanaan pemilu tahun depan.

“Tidak boleh kita semua ini menjadi bagian yang salah, saling memusuhi, saling menghina satu dengan yang lain, itu tidak boleh. Umat beragama seharusnya menyadari bahwa pemilu, tahun politik hanya sebuah mekanisme untuk menentukan siapa yang memimpin negara ini,” tandasnya.

Lihat juga: Prabowo Subianto Minta TNI Netral di Pemilu 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close