BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Subianto Minta TNI Netral di Pemilu 2024

BIMATA.ID, Jakarta– Prabowo Subianto di Pemilu 2024 meminta TNI bersikap netral. Tidak hanya itu, Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) itu juga meminta prajurit TNI bisa memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik serta bebas dari gangguan. Serta sesuai dengan prinsip demokrasi.

Arahan Menhan Prabowo Subianto ini disampaikan Kabalitbang Kemhan saat upacara peringatan HUT ke-78 TNI di lapangan Bela Negara Kemhan, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

BACA JUGA: Airlangga: Belum Ada Hilal Golkar Dukung Ganjar, Tetap Prabowo

Upacara HUT ke-78 TNI yang bertemakan “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” ini dipimpin Marsda TNI H. Haris Haryanto selaku Inspektur Upacara.

“Selamat Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia. Tingkatkan kualitas dan efektivitas dalam menjalankan tugas sebagai komponen utama dalam pertahanan negara,” ujar Menhan Prabowo dalam amanatnya melansir laman resmi Kemhan RI.

Melalui tema HUT TNI di tahun 2023 ini, Menhan Prabowo menekankan prajurit TNI agar mutlak bersikap netral dan bertanggung jawab untuk mengawal demokrasi Indonesia demi menjaga stabilitas politik, keamanan, dan ketertiban.

BACA JUGA: Gerindra: Prabowo Berutang ke Rakyat Madura, Insya Allah 2024 Dibayar Tuntas

Kolaborasi yang baik antara Kemhan dan TNI adalah kunci untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki postur pertahanan yang tangguh, kuat dan unggul,” tegas Menhan.

Adapun Menhan RI Prabowo Subianto menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup), di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10).

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-78 kepada TNI yang bertugas dimanapun.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi, keberanian, profesionalisme dan pengabdian seluruh anggota TNI yang telah menjadi benteng terdepan pertahanan negara, kekuatan pelindung rakyat, perisai penjaga NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

BACA JUGA: Sudah Gandeng Cak Imin, Pemilih PKB Tetap Lebih Banyak Dukung Prabowo Dibanding Anies Baswedan

“Saya senang, kepercayaan masyarakat terhadap TNI terus terjaga dan selalu menempati urutan teratas. Berdasarkan hasil survei per-September 2023 angka kepercayaan mencapai 83 sampai 90 persen,” kata Presiden Jokowi melansir laman resmi Kemhan RI.

Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan dan investasi industri pertahanan di dalam negeri sehingga harus di dorong untuk transfer teknologi, peningkatan SDM, dan mengutamakan produk dalam negeri.

Di akhir amanat Presiden Jokowi menyatakan bahwa tahun ini akan memasuki tahun politik dan menyampaikan pesannya.

“Tetap jaga kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman pada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar. Menang dan kalah juga wajar. Tetap jaga sinergitas TNI dengan Polri, netralitas TNI, watak kesatria. Dan selalu jadikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai pegangan dalam bertindak,” pesan Presiden Jokowi.

Rangkaian acara HUT ke-78 TNI juga dimeriahkan oleh demo penerjunan 78 prajurit TNI dari 3 matra bersama anggota Polri yang melambangkan usia ke-78 TNI.

BACA JUGA: Prabowo Mania 08: PSI Bakal Dukung Prabowo

Serta demo udara berupa helikopter dari 3 matra yang membawa bendera Merah Putih disusul fly pass helikopter TNI AD.

Selain itu, ditampilkan drum band akademi TNI, demo kolone senapan, serta defile alutsista TNI AD, AL, dan AU.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close