BeritaNasionalPolitik

Pileg 2024, PAN Targetkan Raih 64 Kursi DPR

BIMATA.ID, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan raih 64 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Eddy Soeparno menyampaikan, target itu disepakati dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN Tahun 2022. Pun, munculnya jumlah target berasal dari hasil rapat pleno di Rakernas tersebut.

“Kita menetapkan beberapa hal. Pertama, tentu target pemenangan di 2024, target perolehan kursi dan suara, kita menargetkan 60 sampai 64 kursi di tahun 2024 atau minimal 11 persen dari total perolehan kursi yang ada di DPR RI,” ucapnya, Rabu (31/08/2022).

Eddy menambahkan, rekomendasi Rakernas juga meminta seluruh pengurus untuk mempercepat rekrutmen bakal calon legislatif (Caleg) dan saksi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menyebutkan, PAN bakal mempercepat kerja-kerja pemenangan pada Pemilu 2024.

Rakernas PAN, juga menyepakati sejumlah nama yang akan diusulkan menjadi calon presiden (Capres) 2024. Hasilnya, sembilan nama muncul sebagai usulan partai berlambang Matahari Terbit ini untuk diusung sebagai Capres.

Namun Eddy menegaskan, Rakernas PAN Tahun 2022 memberikan penegasan kembali atas hasil Rakernas 2020 yang memberikan mandat kepada Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, untuk menentukan Capres dan Cawapres.

“Memberikan mandat kepada Ketum (Zulkifli Hasan) untuk menentukan menetapkan Capres dan Cawapres PAN nanti di Pilpres 2024,” tegas legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat III ini.

Alumnus Universitas Indonesia (UI) ini mengungkapkan, Rakernas PAN Tahun 2022 juga menyepakati untuk menolak politik identitas pada pesta demokrasi lima tahunan. PAN bakal menjadi pelopor politik gagasan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Rekomendasi kita adalah menolak politik identitas di dalam Pemilu dan Pilpres 2024, dan betul-betul menguatkan sendi-sendi supaya PAN akan mempelopori politik gagasan di 2024,” ungkap Eddy.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close